Jumat: 19 Juli 2024
Beranda PROVINSI Gubernur Arinal Harapkan Wisudawan UBL Berkontribusi Positif Bagi Bangsa, Masyarakat, dan Daerah...

Gubernur Arinal Harapkan Wisudawan UBL Berkontribusi Positif Bagi Bangsa, Masyarakat, dan Daerah Lampung

8

Bandar Lampung — Gubernur Lampung diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menghadiri  Yudisium dan Wisuda Program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) Periode Genap Tahun 2023/2024 Universitas Bandar Lampung bertempat di Convention Hall Mahligai Agung Universitas Bandar Lampung, Rabu (29/05/2024).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan bahwa UBL telah meluluskan sejumlah Magister dan Sarjana di segala bidang dan tersebar diseluruh Indonesia khususnya Provinsi Lampung, bahkan sampai ke Luar Negeri.

Dimana salah satu bukti nyata dari komitmen Universitas Bandar Lampung dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan teknologi di dunia pendidikan adalah selama 5 tahun berturut-turut UBL berhasil menyandang Predikat Terbaik I se-Sumbagsel sejak tahun 2019 sampai dengan 2023.

Gubernur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung dalam hal ini berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan pendidikan dan penelitian di Universitas Bandar Lampung.

“Saya yakin bahwa UBL sebagai salah satu Institusi Pendidikan yang berkembang pesat di Sumatera memiliki peran strategis dalam mendukung dan memfasilitasi ekosistem Pendidikan Tinggi di Provinsi Lampung dan Pulau Sumatera,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur  juga menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang diwisuda hari ini serta segenap civitas akademika Universitas Bandar Lampung yang telah membimbing dan mendidik para wisudawan dan wisudawati hingga mencapai titik ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada kalian semua atas pencapaian yang gemilang ini. Tanpa dedikasi dan pengabdian Bapak/Ibu sekalian, pencapaian ini tidak mungkin terwujud. Semoga ilmu dan nilai- nilai yang telah ditanamkan dapat terus diingat dan diamalkan oleh para lulusan kita,”  lanjutnya.

BACA JUGA:  Migrum Gumay Resmi Jabat Ketua DPRD Lampung Periode 2019-2024

Gubernur menegaskan bahwa para wisudawan dan wisudawati memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga nama baik almamater dan berkontribusi positif bagi bangsa, masyarakat, dan daerah, khususnya daerah Lampung.

“Kalian adalah agen perubahan yang memiliki kekuatan, kreativitas, dan inovasi untuk membawa Lampung menuju masa depan yang lebih baik,” tegasnya.

Gubernur juga mengungkapkan bahwa pemuda memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan daerah dan sebagai agen perubahan.

“Kami berharap para pemuda dapat terus meningkatkan kualitas diri dan menjadi generasi penerus yang memiliki semangat dan tekad yang kuat,” tegasnya lagi.

Mengingat bahwa pada Triwulan II-2022 ekonomi Lampung tumbuh paling tinggi se-Indonesia, yang sebesar 9,13 persen. Hingga akhir tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Lampung secara keseluruhan tercatat 4,28 persen; dan semakin membaik menjadi 4,55 persen di tahun 2023. Maka, Gubernur juga mengajak para wisudawan untuk berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan membawa daerah menuju Lampung Berjaya.

“Saya akan terus berkomitmen untuk mendukung segala upaya demi meningkatkan kualitas pendidikan dan pembentukan karakter generasi muda yang berkualitas. Hal ini selaras dengan program pemerintah Provinsi Lampung yaitu Anak Muda Berjaya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II, Iskhaq Iskandar juga mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan dan wisudawati.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Mirzani Djausal Cegah Corona dengan Koordinasi-Kerjasama Antara Pemerintah dan Masyarakat

“Kami ingin mengucapkan selamat kepada para orang tua, wali ataupun pasangan dari wisudawan wisudawati atas selesainya pendidikan putra putri bapak ibu ataupun pasangan bapak ibu di universitas bandar Lampung,” ucapnya.

Iskhaq Iskandar juga berharap para wisudawan dan wisudawati dapat terus mengukir prestasi meskipun telah menyelesaikan pendidikannya.

“Saya berdoa semoga putra putri bapak ibu ataupun pasangan bapak ibu terus dapat mengukir prestasi yang akan membahagiakan keluarga bapak ibu semua,” harapnya.

Rektor UBL M. Yusuf S. Barusman dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan  bahwa keberhasilan para wisudawan dan wisudawati pada hari ini bukanlah tujuan akhir, melainkan hanya batu loncatan ataupun starting point dalam mengarungi kehidupan.

“Saya berpesan juga jangan berhenti belajar. Jadilah makhluk pembelajar yang mampu beradaptasi dengan dinamika lingkungannya, dinamika global, dinamika kehidupan dengan kita terus-menerus belajar kita mampu menyesuaikan diri dengan dinamika yang terjadi pada lingkungan kita,” pesannya.

Pada Wisuda Program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) Periode Genap Tahun 2023/2024 Universitas Bandar Lampung ini terdapat 1012 Mahasiswa dari Program Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Bandar Lampung No.11/SK/UBL/III/2/2024 dan No.12/SK/UBL/V/2024 tentang Yudisium Bagi Mahasiswa Jenjang Studi Strata 1 (S1) dan Strata 2 (S2) pada Program Studi di Universitas Bandar Lampung.  (*/kmf)