Rabu: 24 Juli 2024
Beranda PROVINSI Gubernur Lampung Harapkan Media Berperan Memberikan Informasi Positif dan Edukasi Kepada Masyarakat

Gubernur Lampung Harapkan Media Berperan Memberikan Informasi Positif dan Edukasi Kepada Masyarakat

9

Bandar Lampung — Gubernur Lampung diwakili Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin membuka acara Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Wartawan Muda Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung Angkatan III Tahun 2024 di Aula lantai 3 Balai Wartawan H. Sofian Akhmad, Rabu (29/5/2024).

Pemerintah Provinsi Lampung sampai saat ini terus menjalin sinergi dan kerjasama yang baik dengan insan pers baik media daring maupun media luring dalam menyebarluaskan informasi pembangunan dan program kerja yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Pemerintah daerah Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakakan oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Zainal Abidin menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan diklat Wartawan Muda PWI Provinsi Lampung Angkatan III Tahun 2024.

Karena menurut Gubernur Arinal Djuanidi Diklat ini dapat memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai bagi para peserta, sehingga dapat menjalankan tugas jurnalistik dengan profesional, beretika, dan bertanggung jawab.

Selanjutnya Gubernur Lampung mengatakan bahwa pada Tahun 2024 menjadi tahun politik. Nantinya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu 27 November 2024 mendatang. Khusus di Provinsi Lampung akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta 13 (tiga belas) Bupati dan Wakil Bupati sebanyak dan 2 (dua) Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.

BACA JUGA:  Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Pemerintah Waspadai Inflasi Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

“Persatuan Wartawan Indonesia dalam hal ini menjadi organisasi yang menaungi para wartawan, tentunya memiliki tanggung jawab
besar untuk memastikan anggotanya mampu menjalankan tugas ini dengan baik. Oleh karena itu, Diklat Wartawan Muda ini merupakan langkah strategis yang sangat tepat,” ungkapnya.

Melalui diklat ini, para wartawan muda dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dalam meliputi Pilkada 2024.

Gubernur berharap Pilkada Serentak 2024 di provinsi Lampung dapat berlangsung dengan baik yang dapat dilihat dari indikator tingkat partisipasi pemilih dan keberlangsungan pemilukada yamg aman, tertib dan damai

Gubernur juga mengingatkan bahwa peran pers pada masa pemilukada serentak semakin penting. Media berperan untuk memberikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat, baik terkait pilkada serentak maupun integritas atau rekam jejak setiap peserta pilkada.

Sebagai pilar keempat demokrasi, media berperan dalam mengawasi dan mengevaluasi jalannya pesta demokrasi.

“Oleh karena itu, media perlu menyampaikan berita-berita yang mencerahkan untuk menjaga ruang publik agar tetap sehat melalui informasi yang benar dan tepercaya,” pesannya.

“Keikutsertaan saudara sekalian dalam Diklat ini merupakan langkah yang sangat strategis untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri sebagai wartawan muda Provinsi Lampung,” lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya Gubernur Lampung berharap agar integritas, akurasi, dan objektivitas harus selalu menjadi pegangan dalam setiap pemberitaan yang disampaikan.

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Djunaidi Hadiri Kegiatan Ramah Tamah Bersama DPP Lampung Sai dan Forum Duta Besar

“Saya berharap melalui diklat ini para wartawan muda dapat memahami pentingnya kode etik jurnalistik, mampu mengenali dan menangkal berita hoaks, serta memiliki keberanian untuk mengungkapkan kebenaran. Selain itu, para wartawan muda juga harus mampu menjadi mediator yang baik antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah melaporkan bahwa peserta diklat Wartawan Muda III ini berjumlah 80 peserta dari 15 Kabuapetn/Kota se-Provinsi Lampung.

Wirahadikusumah mengatakan bahwa Diklat ini merupakan pintu gerbang bagi wartawan muda untuk menjadi anggota PWI Lampung. Saat ini jumlah anggota PWI Lampung yang tersebar di seluruh kabupaten/kota berjumlah 1021 orang artinya dengan peserta saat ini total jumlah anggota menjadi 1101 orang dan merupakan anggota terbanyak PWI seluruh Indonesia.

“Kedepan kita akan banyak melakukan kegiatan yang bersifat pendidikan dan pelatihan dan yang terpenting adalah memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan kemsjuan pembangunan Provinsi Lampung dan juga kemajuam Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pembukaan Diklat wartawan Muda III, Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung Dr. Elip Heldan, AP. M.Si., jajaran pengurus PWI Lampung dan beberapa Ketua PWI Kabupaten/Kota. (*/kmf)