Jelang Idul Adha, Sekdakab Lamteng Tinjau Langsung Ketesediaan Hewan Kurban

10

LAMPUNG TENGAH–Menjelang Perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni 2024 mendatang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Kusuma Riyadi mewakili Bupati Lamteng, Musa Ahmad lakukan peninjauan langsung Pasar Kambing di Kampung Adi Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Selasa (11/06/2024).

Pemantauan langsung ke pasar kambing  tersebut untuk memantau ketersediaan hewan kurban di  Pasar Kambing Adi Jaya menjelang Hari Raya Idul Adha.

Selain itu Sekdakab Lamteng turun langsung ke pasar kambing tersebut guna memastikan pasokan hewan qurban di Lamteng terpenuhi.

BACA JUGA:  Polres Lamsel Amankan Oknum PNS BPPD Pelaku Pungli Rapidtest Antigen

Sekda Kusuma Riyadi yang didampingi  Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Lamteng,  Kresna Rajasa serta dinas instansi lainya, mengatakan pengecekan pasar kambing tersebut selain  untuk memastikan ketersediaan hewan qurban, juga memastikn kambing dan sapi atau yang akan dijadikan hewan kurban dalam kondisi sehat, menjelang Idul Adha terbebas dari wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kusuma Riyadi menjelaskan, kambing yang diperdagangkan untuk kurban harus dipastikan dalam kondisi sehat.

BACA JUGA:  Unit PPA dan Tekab 308 Presisi Polres Lamteng Gulung 3 Pemuda Pemerkosa Gadis di Bawah Umur

“Sebelum dijual dipasaran hewan kurbanya  wajib bagi para pedagang mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), ” tegas Kusuma Riyadi.

Sementara itu, Kadis Peternakan dan Perkebunan Lamteng, Kresna Rajasa mengatakan bahwa peninjauan ini guna memastikan seluruh hewan siap untuk dijadikan qurban.

Menurut Kresna hewan-hewan yang akan dijadikan kurban harus sudah dipastikan tervaksin.

“Sehingga masyarakat yang akan membeli hewan untuk qurban merasa tenang dan tidak ragu akan penyakit mulut dan kuku, ” ujarnya.(Gunawan)