Buka Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat, Novriwan Jaya Minta Materi Penyampaian Khotbah Diatur

9

TULANG BAWANG BARAT-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Novriwan Jaya membuka Kegiatan Pelatihan Penulisan Khotbah Jumat yang diikuti seluruh Khotib Masjid Kabupaten Tubaba.

Kegiatan pelatihan itu berlangsung di Aula STES Tunas Palapa, Kelurahan Dayamurni, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten setempat pada Rabu (12/06/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Novriwan mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangatlah penting, karena khotbah Jumat memiliki peran yang sangat besar dalam membimbing umat, menyampaikan nilai-nilai agama, serta memberikan inspirasi dan bimbingan bagi umat Islam.

Dalam Islam, kata Novriwan, khotbah Jumat memiliki kekuatan untuk menyatukan umat, memperkuat tali silaturahmi, dan mengingatkan kita untuk senantiasa memperbaiki diri ke arah yang lebih baik.

BACA JUGA:  Rusak, Jembatan Way Umpu Jalur Lama di Way Kanan Lampung Ditutup

“Yang tidak kalah penting saat khotbah adalah menyampaikan kepada umat tentang kerukunan hidup dan keharmonisan dalam berbangsa dan bernegara, kita harus menjaga keutuhan NKRI, itu sangat penting.” kata Sekda.

“Lalu, saya juga minta nanti di Tubaba penyampaian-penyampaian materi khotbahnya itu harus diatur, salah satu diantaranya tentang materi Zakat Mal, karena itu sudah jarang sekali didengar saat khotbah di Masjid kita,” imbuhnya.

Di momen itu, Novriwan juga mengucapkan terima kasih kepada Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Baznas Tubaba yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, serta kepada seluruh peserta yang hadir untuk mengikuti pelatihan ini.

BACA JUGA:  Ardian, Hamartoni, Syaiful, Haidir, Andrio, dan Insani, Kompak Kembalikan Berkas Formulir di Partai NasDem, Demokrat, PDI-P, PAN dan PKB

“Semoga ilmu dan wawasan yang didapat dapat menjadi bekal berharga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai khotib di Masjid-masjid di Tubaba,” ucap Novriwan.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini, para khotib akan semakin mampu menyampaikan khotbah Jumat dengan baik, jelas, dan menginspirasi jama’ah agar semakin mencintai agama dan menjalankan ajarannya dengan sebaik mungkin.

“Semoga kegiatan ini juga dapat menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga terjalin kebersamaan dan kolaborasi yang baik di antara kita,” pungkasnya.(HL-DRA/*)