Hamartoni Ahadis Dari Masa ke Masa Antara Pengalaman, Dedikasi dan Prestasi

152

LAMPUNG UTARA-Sosok Hamartoni Ahadis kini makin familiar di Kabupaten Lampung Utara. Namanya sering disebut kalangan masyarakat. Mulai dari orang tua hingga pemuda membicarakan sosok satu ini.

Juga dari kalangan perempuan, terutama kaum emak-emak.

Tentu, terkait pencalonan majunya dirinya sebagai Bakal Bupati Kabupaten Lampung Utara untuk periode 2024-2029.

Hamartoni Ahadis adalah putra kelahiran Kotabumi 9 Februari 1964. Putra dari pasangan
Hamid Isoen dan Hanim Hoiriyah. Ayah Hamartoni Ahadis berasal dari Desa Mulang Maya, Kecamatan Kotabumi Selatan.

Hamartoni Ahadis selain di kenal luas masyarakat Lampung Utara, juga dikenal di kalangan pemerintahan. Birokrat senior yang sudah malang melintang menduduki sejumlah jabatan strategis di Kabupaten Lampung Utara maupun provinsi Lampung.

Hamartoni Ahadis mengawali pendidikan sekolah dasarnya (SD) di SDN 9 Kotabumi, setelah itu melanjutkan sekolah di SMPN 2 Kotabumi, dan tamat di jenjang menengah atas (SMAN) 1 Kotabumi.

Berkat tekad kuat dan tekun menuntut ilmu Hamartoni Ahadis akhirnya meraih gelar Strata 1 (S1) Universitas Lampung (Unila) bidang Budidaya Pertanian. Setelah itu melanjutkan pendidikan di jenjang Magister (S2) Agribisnis. Selang beberapa tahun Hamartoni Ahadis berhasil menyandang gelar doktor (S3) di bidang Ilmu Lingkungan.

Selain sukses dalam dalam menempuh pendidikan formal. Hamartoni Ahadis juga sukses di dunia birokrasi pemerintahan.

Hamartoni Ahadis pernah tercatat menjabat sebagai Kadis Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Lampung Utara periode 2004-2010.
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Utara 2010-2011. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lampung Utara 2011-2014.

BACA JUGA:  Desa Mekar Jaya Lokasi Program Ombudsman Masuk Desa

Berkat dedikasinya dan kecakapan dalam memimpin di tiga dinas dan badan itu, akhirnya mengantarkan Hamartoni Ahadis dipercaya menduduki jabatan tertinggi di birokrasi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung pada tahun 2014.

Setelah lama berkarier di Kabupaten Lampung Utara, pada tahun yang sama Hamartoni Ahadis hijrah meniti karier di pemerintahan provinsi Lampung dengan jabatan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Kemudian di tunjuk menjabat Asisten IV Sekretaris Provinsi Lampung pada tahun 2014-2018.

Di pemerintahan provinsi Lampung Hamartoni Ahadis kembali meraih jabatan mentereng menjabat sebagai penjabat sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Lampung 2018-2019.

Pernah menduduki jabatan tertinggi Inspektorat Provinsi Lampung sebagai Inspektur, dan akhirnya menutup karier birokrasi pemerintahannya di provinsi Lampung sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Lampung tahun 2019-2024.

Selain berprestasi di dunia pemerintahan, Hamartoni Ahadis juga aktif di sejumlah organisasi keagamaan dan kepemudaan, diantaranya sebagai Ketua Badan Remaja Masjid yang bergerak membina para remaja dan keagamaan di Lampung Utara, Ketua 1 PC GP Ansor Kabupaten Lampung Utara, Wakil Sekretaris DPD KNPI Provinsi Lampung, dan pernah menjabat Ketua DPD KNPI Lampung Utara.

BACA JUGA:  Kapolres Terima Kunjungan Kejari Lampung Utara

Hamartoni Ahadis juga pernah di pilih sebagai Ketua Pengurus Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Unila Lampung.

Selama aktif di posisi tersebut, Hamartoni Ahadis berperan aktif dalam memajukan organisasi dan memberikan kontribusi positif untuk komunitas tersebut.

Suami dari drg. Meri Farida ini, tidak hanya di kenal karena prestasi akademik dan karier yang gemilang. Tetapi juga karena dedikasinya yang tinggi terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Lampung sebagai putra asli Lampung Utara.

Ia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kemajuan daerahnya.

Melalui jabatan strategis yang pernah diembannya, Hamartoni telah banyak berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur perencanaan wilayah, hingga kebijakan lingkungan yang berkelanjutan.

Dedikasinya menjadi inspirasi bagi generasi muda Lampung untuk terus berjuang dan berkontribusi bagi daerah mereka.

Hamartoni Ahadis adalah contoh nyata bagaimana pendidikan, kerja keras, dan dedikasi dapat membawa seseorang menuju keberhasilan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas.

Kini Hamartoni Ahadis melalui Pilkada Lampung Utara akan berupaya mengabdikan diri sebagai Bupati Lampung Utara periode 2024-2029 dengan mengikuti kontestasi Pilkada yang akan di laksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Berkat pengalaman, prestasi dan dedikasi tersebut besar harapan dirinya dapat diberikan amanah oleh masyarakat Lampung Utara dan terpilih sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara periode 2024-2029. (HL-DRA)