Jumat: 19 Juli 2024
Beranda PROVINSI Pj. Gubernur Lampung Buka Kegiatan Capacity Building Dan Workshop Pengisian Survei Indeks...

Pj. Gubernur Lampung Buka Kegiatan Capacity Building Dan Workshop Pengisian Survei Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah

6

Pesawaran — Pj. Gubernur Lampung, Samsudin, membuka kegiatan Capacity Building Dan Workshop Pengisian Survei Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Semester I Tahun 2024, di Hotel Marriott Pesawaran, Selasa (25/6/2024).

Pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 telah membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) yang bertujuan untuk mendorong penguatan perekonomian nasional dan daerah melalui Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Melalui Penerapan ETPD, Pj. Gubernur berharap, dapat memperbaiki pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel, dan pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

BACA JUGA:  439 PNS Pemprov Lampung Ikrar Sumpah dan Janji

Dalam upaya mendorong dan meningkatkan digitalisasi pemerintahan di daerah khususnya pada sektor Penerimaan Daerah di Provinsi Lampung, Pj. Gubernur meminta Tim P2DD Provinsi Lampung untuk terus meningkatkan nilai Indeks ETPD dan bersinergi dengan seluruh pihak terkait.

Sebelumnya, pencapaian Indeks ETPD Pemerintah Provinsi Lampung pada semester II Tahun 2023 sebesar 96,5% dan telah mencapai Kategori Digital.

BACA JUGA:  Wagub Chusnunia Launching Gernas Tastaka Provinsi Lampung

Pj. Gubernur juga menyampaikan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi setiap perangkat daerah Pemerintah Provinsi Lampung, yaitu :

1. Meningkatkan aksesibilitas teknologi dan infrastruktur jaringan telekomunikasi.

2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap transaksi elektronik dengan terus melakukan sosialisasi.

3. Mengembangkan kerjasama antar instansi untuk memperkuat ekosistem transaksi digital baik sektor pemerintah, swasta dan lembaga keuangan (*/kmf)