DP2AP2KB Gelar Pertemuan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024

6

PESAWARAN – Pemkab Pesawaran melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P2AP2KB) kabupaten setempat adakan kegiatan Pertemuan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 di Balai Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan, Rabu (26/06/2024).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P2AP2KB) Kabupaten Pesawaran Maisuri mengatakan kegiatan ini bertujuan agar Kabupaten Pesawaran kedepan bebas dari stunting.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait stunting serta upaya penurunan dan pencegahan stunting agar bebas stunting,” katanya.

BACA JUGA:  Bupati Umar Ahmad Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Hati Kudus Tumijajar

Ia menambahkan terdapat berbagai materi yang disampaikan melalui para narasumber yang berkompeten dalam penanganan stunting.

“Seperti Dokter spesialis anak RSUD Pesawaran dr. Arief Rahman, dirinya mengedukasi penyebab potensial perlambatan pertumbuhan stunting, pencegahan stunting, bagaimana diagnosanya, dampak stunting dan tindakan apa yg harus dilakukan,” kata Maisuri.

Kemudian lanjutnya, ada dokter spesialis kandungan RSUD Pesawaran dr. Latuharharry Sofian, Ia menyampaikan materi pendampingan calon pengantin, ibu hamil dan ibu nifas, dalam mencegah stunting.

BACA JUGA:  Soal Ambulans Muat KWH Meter Listrik, DPRD Pesibar Panggil PLN dan Dinas PMPTSP

“Seperti cara mengukur indeks masa tubuh (IMT) berat badan normal, persiapan pelaksanaan Yan Kespro Catin dan sebagainya,” pungkasnya.

Terdapat juga narasumber dari Nutrisionis RSUD Pesawaran Laili Fitriani yang memberikan edukasi dan tips membuat jadwal makan balita, kebutuhan nilai gizi, sebagai upaya pencegahan stunting pada anak.

Tak hanya itu, pihaknya menekankan bahwa pelaksanaan penurunan stunting di Kabupaten Pesawaran harus memiliki inovasi yang baru terutama untuk tenaga kesehatan di puskesmas-puskesmas se-Kabupaten Pesawaran. (HL-Yudhi)