Cara Terhindar dari Alergi Kulit atau Gatal-gatal

31

MUSIM kemarau tiba, saatnya untuk menjaga kulit agar biang keringat tidak mudah muncul dan membuat alergi. Cara terhindar alergi kulit pada musim ini bukan hanya sekedar mengenakan pakaian yang menyerap keringat namun juga kebersihan rumah.

Misalnya saja dari lantai, penting untuk menggunakan pembersih lantai yang tersedia di Blibli demi menjaganya tetap bersih. Debu dan kotoran lainnya sangat mudah menempel di lantai dan menjadi pemicu alergi di musim kemarau. Selain menjaga kebersihan lantai, masih banyak cara lainnya agar kulit bebas gatal.

6 Cara Terhindar dari Alergi Kulit atau Gatal-gatal
Mencegah lebih baik daripada mengobati, apalagi jika sadar bahwa Anda memiliki kulit yang sensitif. Demi terhindar dari masalah kulit gatal karena cuaca panas atau alergi ada beberapa hal yang cukup mudah untuk dilakukan.

Beberapa cara mudahnya adalah sebagai berikut:

1. Mengenali dan Menghindari Alergen

Ketika sadar bahwa kulit mudah terkena alergi maka mengenali alergen adalah langkah utamanya. Cukup dengan memperhatikan gejala alergi, misalnya ketika menggunakan perhiasan atau aksesoris logam tertentu maka kulit menjadi gatal.
Bisa juga mengikuti tes alergi yang banyak disediakan di klinik dokter kulit. Jika sudah mengetahui alergen ini maka lebih baik untuk menghindarinya.

BACA JUGA:  GMC Bangkitkan Kesadaran Generasi Muda Lampung Terhadap Kebudayaan Indonesia

2. Menjaga Kebersihan Kulit

Selain menghindari pemicu, menjaga kebersihan kulit adalah langkah penting lainnya. Jangan sampai kotoran atau debu menumpuk dan menimbulkan bakteri penyebab gatal. Caranya cukup mudah yaitu mandi dua kali sehari atau ketika merasa keringat berlebih.

3. Menghidrasi Kulit dengan Pelembab

Memastikan bahwa kulit tetap terhidrasi dengan baik akan membuat kulit lebih sehat. Berbeda dengan kulit yang kering maka akan mudah terpapar alergen. Memberikan pelembab dan juga minum air putih yang cukup bisa menjadi solusinya.
Pastikan juga bahwa jenis pelembab yang digunakan cocok dengan kulit dan bukan alergen. Bagi kulit sensitif akan lebih cocok menggunakan pelembab yang berbentuk gel dibandingkan krim.

4. Memastikan Menggunakan Skincare yang Tepat

Alergen juga bisa berasal dari salah satu bahan yang terdapat dalam kosmetik atau skincare. Mengingat produk-produk kecantikan ini sering digunakan maka pastikan produk yang digunakan sudah tepat. Jangan sampai ada kandungan kimia keras yang bisa menimbulkan iritasi.

5. Mengompres Kulit dengan Air Dingin

Apabila kulit sudah menunjukkan gejala gatal atau terasa sangat panas, untuk menghindari semakin parah mengompres dengan air dingin adalah langkah penting. Cukup kompres selama 5-10 menit agar gatal mereda dan kulit menjadi normal.
Suhu dingin dari kompres akan meredakan gatal secara efektif. Namun apabila gatal berkelanjutan lebih baik untuk minum obat atau pergi ke dokter.

BACA JUGA:  Sambut Koalisi Nasional, PKB dan Gerindra Lampung Ngopi Bareng

6. Menjaga Kebersihan Rumah

Seperti yang telah disebutkan di awal, menjaga kebersihan hunian sangatlah penting. Dimulai dari kebersihan lantai yang bisa menjadi sarang kotoran seperti debu. Penting juga untuk rutin mengganti seprei dan sarung bantal serta guling yang sudah sering terkena keringat.
Jaga sirkulasi udara ruangan tetap baik sehingga debu tidak menjadi bakteri di dalam ruangan. Cukup dengan membuka ventilasi udara atau memberikan dehumidifier untuk menjaga kelembaban ruangan.
Semua cara terhindar alergi kulit ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Cukup dengan rutin melakukannya seperti menjaga kebersihan mulai dari mengepel lantai, selagi produk pembersih tersedia lengkap di Blibli.
Menjaga kebersihan diri dan menghindari gatal menjadi bukti nyata menyayangi diri sendiri. Mulailah untuk melakukannya demi masa depan yang lebih sehat dan tubuh terawat. (**/re)