views

NU Lamsel Gelar Haul Raden Intan II, Nanang Minta Diagendakan Rutin

Headlinelampung.com, LAMPUNG SELATAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Selatan gelar Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke-163 tahun 2019, Minggu (13/10/2019).

Peringatan Haul pahlwan Nasional kebanggan warga Lampung yang dibarengi dengan acara Sejuta Dzikir ini dilaksanakan di Komplek Taman Makan Pahlawan Nasional Radin Intem II yang berada di desa Gedung Harta Kecamatam Penengahan Lampung Selatan.

Hadir dalam acara Haul Pahlawan Nasional Radin Inten II ke 163, Plt Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto, keluarga Besar almarhum Radin Inten II, Penyimbang Adat, Forkopimda, para OPD Pemkab Lampung Selatan, serta ribuan warga yang memadati komplek Taman Makan Pahlwan Nasional kebanggan warga Lampung Ini.

Benteng Cempaka yang terletak di area Taman Makan Pahlawan Nasional Radin Inten II, juga menjadi salah satu perhatian warga masyarakat yang hadir menuhi lokasi Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan menganugerahi gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No. 082 Tahun 1986 tanggal 23 Oktober 1986.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Lampung Selatan, Hi. Nanang Ermanto mengatakan, betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh Radin Inten II dalam menentang penjajahan Belanda. Di usia yang relatif muda (16 tahun) Radin Inten II memimpin pasukannya dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itu, kita yang berada disini, mari kita sama-sama mendo’akan Pahlawan Nasional Radin Intan II,” ujar Nanang.

“Saya juga meminta kepada Dinas Pariwisata Lampung Selatan, agar acara ini tidak hanya sebatas seremonial, tapi juga diagendakan agar kegiatan ini dijadikan sebagai agenda tahunan dengan melibatkan keluarga besar Radin Inten II,” Pinta Nanang.

Pada kesempatan itu, Nanang juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk secara bersama dan bergotong royong untuk menjaga dan melestarikan Taman Makam Pahlawan Radin Intan II ini sebagai salah satu “Ikon Lampung Selatan”. Dengan membesarkan nama Radin Inten II serta menjadikan ikon budaya, secara tidak langsung akan membuat masyarakat diluar Lampung Selatan ingin mengetahui sejarah Radin Inten II dan mereka akan datang beramai-ramai untuk mengetahui sejarah dan melihat secara langsung Makam Pahlawan Nasional Radin Inten II.

“Dengan kebersamaan dan kegotongroyongan, yakin kita akan mampu membesarkan nama Pahlawan kita. Kita tidak boleh lupa akan sejarah. Sebagai generasi penerus, kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan. Kita tidak berjuang untuk merebut kemerdekaan, tapi kita punya kewajiban untuk mengisi kemerdekaan,” Ujar Nanang.

Sementara, Ketua PC NU Lampung Selatan, Hi Mahfud mengatakan, gelaran haul ini sebagai rasa syukur bahwasanya haul Raden Intan ll yg merupakan pahlawan sekaligus ulama keturunan Syarif hidayatullah Dldari Ratu Dara Putih.

“Selain sebagai pejuang, almarhum (Raden Intan II) adalah keturunan Waliyullah, Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gunung Jati. Seperti hadist nabi, orang yang tidak pandai kepada manusia mana mungkin dia pandai bersyukur kepada Allah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud mengungkapkan atas partisipasi Pemkab Lamsel hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah, selain bantuan dari pemerintah daerah, kegiatan dari swadaya warga nahdliyin untuk konsumsi 5 ribu kotak nasi,” pungkasnya. (heri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Sumberejo Tangkap Duda 26 Tahun Pembawa Kabur Motor Mantan Adik Ipar

Ming Okt 13 , 2019
Headlinelampung.com, […]