views

Cegah Covid-19, Dinas PUPR Tanggamus Bangun Tempat Cuci Tangan

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanggamus, membuat tempat cuci tangan yang tersebar di sembilan titik.

Bahkan, Dinas PUPR juga telah diminta oleh tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19, untuk mendesain ruang isolasi di RSUD Batin Mangunang Kotaagung.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanggamus, Riswanda Djunaidi mengatakan, pembuatan 9 tempat cuci tangan serta desain ruang isolasi di RSUD Batin Mangunang, merupakan
bagian dari langkah mengantisipasi covid-19.

“Untuk selanjutnya, kami menunggu tim gugus tugas Covid-19. Sementara ini, dibangun 9 tempat cuci tangan dan desain tiga ruangan isolasi,” kata Riswanda, Rabu (01/4/2020).

Kadis PUPR Tangggamus mengakui, ada pemangkasan anggaran khususnya yang bersumber dari alokasi dana khusus (DAK).

Namun, Riswanda menyatakan, untuk besaran jumlah DAK yang dipangkas belum bisa disampaikan, karena masih menunggu verifikasi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

“Kalau khusus anggaran dari Dinas PUPR yang diperuntukan bagi penanganan dan pencegahan covid-19, sampai sekarang belum ada intruksi dari TAPD,” ujarnya.

Sebelumnya Bupati Tanggamus dalam video Conference dengan awak media mengatakan bahwa, dana untuk penanganan Covid-19 sebesar Rp 10,035 miliar lebih yang ditujukan ke tujuh satuan kerja organisasi vertikal, di antaranya Dinas Kesehatan, RSUD Batin Mangunang, BPBD, Dinas Sosial, Kodim 0424, Polres Tanggamus dan lainnya.

“Perlu juga intervensi dampak dan percepatan penanganan yang diambil dari Dana Desa. Bagi pekon yang belum dianggarkan APBD bisa membuat alokasi minimal Rp 20 juta atas bimbingan DPMD dan pendamping desa,” pungkasnya. (Andi/Rudi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pilkakam Serentak 85 Kampung Tahun Ini di Way Kanan Bakal Ditunda

Rab Apr 1 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]