views

Mendagri Instruksikan Kepala Daerah Doa Bersama Sambut Pelantikan

Headlinelampung, Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sambut baik instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk menggelar doa bersama jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pj. Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto saat ditemui di Kantor Gubernur Lampung, Kamis (17/10/2019).

“Iya itu kita sambut baik ya, kita sudah terima surat edarannya dan Pak Gubernur (Arinal Djunaidi) sudah menulis surat edaran kepada kepala daerah Kabupaten/Kota,” ungkap Fahrizal.

Menurutnya, intruksi Mendagri itu tidak lain merupakan upaya pemerintah untuk selalu menjaga situasi agar tetap kondusif.

Berdasarkan hal itu, pihaknya meminta kepada seluruh kepala daerah Kabupaten/Kota untuk tidak meninggalkan tempat tugas dan berkomunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) hingga 21 Oktober mendatang.

“Bahkan seluruh kepala daerah diminta untuk tidak meninggalkan tempat tugas sampai tanggal 21 (Oktober),” ujar Fahrizal.

Disinggung terkait tempat untuk pelaksanaan pagelaran doa bersama itu, pihak nya mengaku sedang merencanakan nya.

“Iya itu sementara ini masih kita atur dulu,” kata nya.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Kompas.com Tjahjo Kumolo mengimbau Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di seluruh Indonesia untuk menggelar doa bersama menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10/2019).

Imbauan itu tertuang dalam surat edaran yang ia kirimkan kepada jajaran kepala daerah.

“Kami sudah membuat radiogram ke semua gubernur, bupati, wali kota, kemudian kepada enam agama yang sah di negara kita mari kita lakukan doa bersama,” kata Tjahjo saat ditemui di Merlynn Park Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2019).

Tjahjo mengimbau doa bersama tidak hanya dilakukan pada hari-H pelantikan.

Dalam surat edaran, ia meminta supaya doa bersama digelar tiga hari, mulai Jumat (18/10/2019) hingga Minggu (20/10/2019).

Menurut Tjahjo, doa bersama ini penting mengingat pelantikan adalah puncak dari tahapan panjang Pilpres yang sudah berlangsung.

“Supaya pelantikan presiden berjalan dengan lancar tertib,” kata dia.

Dalam surat edaran yang diterima Tribunlampung.co.id melalui Kabag Humas Protokol Pemprov Lampung Ferry, tertera keterangan penulisan surat pada 15 Oktober 2019.

Surat itu di alamatkan kepada bupati dan wali kota seluruh Indonesia.

Ada tiga poin yang dituliskan dalam surat tersebut sebagai berikut.

Pertama, mendorong partisipasi aktif warga masyarakat secara ikhlas untuk melaksanakan kegiatan doa bersama.

Poin kedua, doa bersama digelar Jumat (18/10/2019) bertempat di rumah ibadah sesuai keyakinan masing-masing.

Poin ketiga, bagi umat yang beragama Islam doa bersama dapat dilaksanakan bersamaan dengan salat Jumat.

Surat itu ditandatangani langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, dengan tembusan Presiden dan Wakil Presiden RI serta sejumlah menteri dan pejabat negara lainnya.

Pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden RI 2019-2024 direncanakan digelar pada Minggu (20/10/2019) di MPR Jakarta. (Adi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mustika Bahrum, Pesawaran Maju Untuk Semua

Kam Okt 17 , 2019
Headlinelampung.com, […]