views

Pemda Lampung Timur Mengadakan Kegiatan Germas di Marga Sekampung

Headlinelampung, Marga Sekampung – Menyadari betapa pentingnya pola hidup sehat Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus mengadakan kegiatan yang mendukung terciptanya hal tersebut. Salah satu wujud nyata yaitu diselenggarakannya acara Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Tingkat Kecamatan yang kali ini bertempat di Kecamatan Marga Sekampung, sabtu (19/10/2019).

Acara yang bertempat di Lapangan Desa Giri Mulyo Kecamatan Marga Sekampung itu dihadiri oleh Ketua TP PKK Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, Nur Syamsu, Camat Marga Sekampung, Irawan MJ beserta Forkopimcam, Kabag Humas Lampung Timur, Mujianto, Kepala UPTD Puskesmas, dan Kepala Desa Giri Mulyo, Asnawi.

Dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh Plt Dinas Kesehatan disampaikan terkait bantuan Kesehatan gratis dari Pemerintah Lampung Timur untuk masyarakat yang berobat di Puskesmas, “semua memperoleh hak yang sama baik warga yang tidak mampu maupun yang mampu dengan catatan belum terdaftar di BPJS dan menunjukkan KK dan KTP Lampung Timur. Namun jika pasien harus dirujuk untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah atau Rumah Sakit lain maka persyaratannya sedikit berbeda yakni harus menyertakan surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa dan Camat”.

Pada kesempatan yg sama setelah acara Germas, bersama Putri Ernawati Plt kadis kesehatan diperintah kan oleh Bupati untuk memberikan santunan kepada salah satu keluarga warga Desa Purwosari Kecamatan Marga Sekampung yang dipasung karna mengalami gangguan kejiwaan.

Diketahui warga yang mengalami hal tersebut adalah ibu Slamet (50 tahun) dan anaknya yang bernama Mimin (36 tahun). Selama bertahun-tahun mereka di rawat oleh Anak sulung bu Slamet yang bernama Agus serta dibantu oleh tetangga rumah yang bernama ibu Samiyem (60 tahun).

Dalam keterangannya, bu Samiyem menuturkan bahwa ia sudah lama merawat keluarga tersebut. Tak hanya tenaga ia juga sering membantu materiil untuk keluarga malang tersebut.

“kalau berapa tahun saya gak ingat tapi ya sudah lama sekali, pagi saya mandiin lalu saya kewarung beliin celana terus saya ambilkan nasi dan lauk kemudian saya suapi mereka, ya harapan saya mereka bisa sehat dan normal supaya si Agus bisa berumah tangga dan biar mudah cari rezeki kan kasian agus kalau harus seperti ini terus”

Dalam hal ini Pemerintah Lampung Timur seperti yang dituturkan oleh istri dari Bupati Lampung Timur, pertama akan melepaskan bu Slamet dan Mimin dari pasungan. Kemudian akan mendatangkan dokter untuk melakukan perawatan dan berkoordinasi mengenai langkah selanjutnya untuk dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk menjalani rehabilitasi atau tidak.

“Pertama tentunya kita lepaskan dulu pasungnya, untuk ibunya kalau dilihat kondisinya kemungkinan masih bisa sembuh, dalam minggu ini kita akan mendatangkan dokter langsung kesini untuk dapat memeriksa langsung kondisinya, memberikan obat dan perawatan, Muslimin kemungkinan kita kirim ke rehabilitasi dan juga untuk mas Agus dan ibunya nanti kita juga akan datangkan psikolog” ujar Ketua TP PKK Lampung Timur itu.

Senada dengan yang disampaikan oleh TP PKK, Nur Syamsu menjelaskan “ya pertama bebas pasung, Pastinya kita akan koordinasi antara Dinas Kesehatan Dinas Sosial Dan Bersinergi Dengan PKK Untuk hal ini”, Pungkasnya. (Edwar)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Lampung Timur Hadiri Acara Gebyar Tabungan Simpedes BRI di Sribhawono

Sab Okt 19 , 2019
Headlinelampung.com, […]