views

Plt Bupati Mesuji Pimpin Upacara Hari Santri

Headlinelampung.com, Mesuji – Plt Bupati Mesuji , Hi Saply TH memimpin upacara peringatan hari santri nasional 2019 di Lapangan Nusa indah Desa Brabasan kecamatan Tanjung Raya, Selasa (22/10/2019).

Upacara peringatan Hari Santri Nasional 2019 diikuti oleh ratusan santri se-Kabupaten Mesuji.

Dalam Upacara Hari Santri Turut Hadir Ketau Dprd Mesuji,PJ seketaris Mesuji,ketua,PCNu(pengurus cabang nahdatul ulama,) dan pejabat di lingkungan kabupaten Mesuji,aparatur kecamatan aparatur Desa Setempat.

Dalam sambutannya PLT Bupati Mesuji Hi Saply TH menyampaikan jika hari santri adalah bentuk apresiasi kepada para santri khususnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Selamat Hari Santri Nasional ke-5, mari kita memperteguh peran santri dalam persatuan dan kesatuan,Pada masa kolonial, santri adalah cermin resolusi dan membakar patriotisme dan nasionalisme untuk bergerak bersama melawan pasukan penjajah,” ujar plt bupati Mesuji.

Lanjut Plt Bupati Mesuji,Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan temayang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun

2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018″BersamaSantri Damailah Negeri”.Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019mengusung tema “Santri Indonesia untuk PerdamaianDunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa

sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural

multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santriuntuk berkontribusimerawat perdamaian dunia.papar nya.(Zal)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Agus Istiqlal Lantik 204 Anggota LHP

Sel Okt 22 , 2019
Headlinelampung.com, […]