views

Pasien Baru Positif Covid-19 dan ODP Meninggal di Lampung Jadi Misteri

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG — Pasien terkonfirmasi positif Coronavirus Desease (Covid-19) di Provinsi Lampung bertambah satu orang, Minggu (17/5/2020).

Total pasien terinfeksi virus Corona di Lampung saat ini berjumlah 67 orang.

Namun, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, terkesan menyembunyikan identitas pasien yang baru terkonfirmasi positif Corona ini.

Dalam keterangannya melalui video yang dikirim ke WhatsApp Group (WAG) info resmi ‘Covid-19 Provinsi Lampung’, Minggu malam, Reihana tidak menyebut inisial nama pasien positif baru itu.

“Pasien positif Covid-19 nomor 67 berjenis kelamin laki-laki, usia 64 tahun, beralamat di Bandar Lampung dan hasil tracing pasien nomor 66,” ujar wanita yang juga kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung itu.

Hal ini tidak seperti biasanya. Apalagi pasien nomor 66 yang dinyatakan positif Covid-19 adalah Ketua Partai Gerindra Lampung, Gunadi Ibrahim.

Bahkan Reihana menjelaskan jika pria ini merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG).

“Saat ini kondisinya sehat dan sedang menjalani isolasi mandiri di rumah,” jelas Reihana.

Ketika ditanya Headlinelampung di WAG tersebut, juga melalui jalur pribadi (japri) WhatsApp, inisial nama pasien baru positif Covid-19 nomor 67 di WAG tersebut, Reihana tidak menjawab.

Media takut ‘kecolongan’ seperti saat Ketua Partai Gerindra Lampung, Gunadi Ibrahim baru dinyatakan positif Covid-19.

Saat itu dalam penjelasannya, Reihana memang hanya menyebut inisial G.

Namun media online mainstream di Lampung memberitakan dengan nama lengkap dan jabatan Gunadi di kepengurusan partai politik (Parpol) besar.

Reihana membantah membocorkan identitas Gunadi. Namun seperti diketahui, yang memegang identitas lengkap pasien Covid-19 adalah pemerintah, dalam hal ini Tim Gugus Tugas.

Misteri ODP Meninggal

Selain penambahan pasien positif, Reihana juga menjelaskan identitas dan riwayat dua orang yang baru meninggal di Lampung, yaitu satu orang dalam pemantauan (ODP) dan satu pasien dalam pengawasan (PDP).

Namun kejanggalan kembali terjadi. Reihana tidak mengungkapkan identitas dan riwayat ODP yang meninggal, tapi hanya menuturkan PDP meninggal.

Headlinelampung yang bertanya melalui WAG resmi info ‘Covid-19 Provinsi Lampung’ dan jalur pribadi WhatsApp, mengenai identitas dan riwayat satu ODP yang baru dinyatakan meninggal, tak dijawab Reihana.

“PDP meninggal dunia seorang wanita, usia 39 tahun, berasal dari Kota Bandar Lampung,” ujarnya.

Kronologisnya, lanjut Reihana, pada 24 Arpil 2020, wanita tersebut melakukan persalinan di salah satu rumah sakit swasta di Bandar Lampung.

“Wanita ini mengalami sesak nafas, sehingga perlu dilakukan tindakan medis lainnya,” kata dia.

Pada 13 Mei 2020, pasien datang ke poli Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung untuk berobat rawat inap.

“Saat itu pasien dilakukan pemeriksaan rontgen dan hasilnya menunjukkan adanya penyakit pneumonia,” jelasnya.

Lalu, pasien dilakukan pengambilan swab sebanyak dua kali, yaitu pada 15 dan 16 Mei 2020. Kemudian, kedua swab tersebut dikirimkan ke Laboratorium Kesehatan Palembang, Sumatera Selatan.

“Sampai saat ini belum diketahui hasil kedua swab tersebut,” terang Reihana.

Pasien ini masuk dalam status PDP, maka dilakukan pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19. (Sandi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua DPRD Lamteng Bagikan 500 Masker kepada Pedagan di Pasar Bandarjaya

Ming Mei 17 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]