views

Wali Kota Bandar Lampung Imbau Masyarakat Shalat Ied di Rumah

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG – Wali Kota Bandar Lampung Herman mengimbau masyarakat sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah.

“Masyarakat harus mengikuti instruksi pemerintah, dengan menjalankan protokol kesehatan. Masyarakat harus tahu yang dilakukan pemerintah untuk kebaikan, agar aman dan tenteram,” kata Herman HN, di lingkungan Pemkot Bandar Lampung, Selasa (19/05/2020).

Wali kota sudah memberikan maklumat ke seluruh masjid dan pihak kecamatan, agar diumumkan untuk tidak melakukan shalat Idul Fitri di lapangan ataupun masjid.

“Dengan melakukan shalat Idul Fitri di rumah tidak akan mengurangi pahala kita, semua karena kondisi sangat darurat,” jelas Herman HN.

Kalau sudah stabil, akan diberikan lagi keleluasaan bagi umat muslim untuk melakukan ibadah berjamaah di masjid.

“Kita saling menjaga diri sendiri. Semua harus terhindar dari virus Corona,” ujar wali kota.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandar Lampung, KH Amirudin, mengatakan maklumat yang dikeluarkan MUI bersama Kementerian Agama Kota Bandar Lampung dan ormas-ormas Islam terkait dengan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1441 H di Bandar Lampung, berdasrkan surat edaran Menteri Agama Nomor 6/2020 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di saat pandemi Covid-19.

“Kemudian, keputusan presiden nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Fatwa MUI Nomor 28 Tahun 2020 tanggal 13 Mei 2020 tentang Panduan takbir shalat Iedul Fitri saat pandemi Covid-19

Berikutnya surat edaran Gubernur Lampung no 0452/1351/02/2020 per tanggal 23 April 2020 tentang pelaksanaan pengendalian Coronavirus Desease atau Covid-19 pada kegiatan keagamaan, sosial, ekonomi dan budaya di Provinsi Lampung

Selanjutnya, maklumat MUI Provinsi Lampung no B 016/PIX/IV/2020 tentang Ibadah di Bulan Ramadhan dan shalat Idul Fitri 1441 H, hasil rapat bersama MUI di Kota Bandar Lampung, Kementerian Agama Kota Bandar Lampung serta ormas-ormas Islam Kota Bandar Lampung pada 18 Mei 2020.

“Tujuan dikeluarkan maklumat ini untuk memberikan panduan sholat Idul Fitri 1441 h yang sejalan dengan syariat Islam, sekaligus mencegah, mengurangi, melindungi masyarakat Bandar Lampung dari penyebaran Covid-19, mengingat Kota Bandar Lampung sampai saat ini masih terbanyak pasien terkonfirmasi positif Covid-19,” kata KH Amirudin. (Sandi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua PWI Apresiasi Ajakan Kapolres Lamteng

Sel Mei 19 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]