views

Lagi, Satu Pasien Positif Covid-19 Way Kanan Lampung Sembuh

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyatakan satu pasien positif Covid-19 asal Way Kanan, Lampung, sembuh.

Pasien tersebut yakni FT, usia 52 tahun, jenis kelamin perempuan, warga Kecamatan Baradatu.

Ft merupakan asisten rumah tangga (ART) dari pasien positif Covid-19 nomor 03, inisial AS.

Saat ini, jumlah pasien Covid-19 Way Kanan yang sembuh berjumlah dua orang.

Sebelumnya, PS yang juga asal Baradatu, Way Kanan telah lebih dulu dinyatakan sembuh.

“Total pasien yang positif di Way Kanan ada enam. Sembuh dua. Jadi tersisa empat orang yang masih menjalani perawatan dan isolasi, yakni dua pasien di Rumah Sakit Bandar Negara Husada Lampung, satu orang di RS Abdul Moeloek dan satu lainnya di RSUD ZAPA Way Kanan,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Way Kanan, Anang Risgiyanto, kepada Headlinelampung, Sabtu (23/05/2020).

Anang juga menerangkan kronologis pasien. Ft ini merupakan ART dari AS dan dilakukan rapid test terkait kontak erat dengan kasus konfirmasi positif covid 19 AS.

Dari hasil pemeriksaan rapid test menunjukkan reaktif, sehingga tatalaksana selanjutnya akan dikonfirmasi dengan pemeriksaan RT PCR sebanyak 2 kali selama 2 hari berturut-turut, di Laboratorium pemeriksa.

“Pada 7 dan 8 Mei 2020, Ft diambil sampel swab/sputum yang pertama dan kedua, oleh Tim Pemeriksa dari Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke BBLK Palembang untuk dilakukan pemeriksaan sampel,” terangnya.

Sambil menunggu hasil pemeriksaan sampel kembali, disampaikan kepada Ft untuk isolasi mandiri di rumahnya, dengan menerapkan PHBS dan physical distancing.

“Tanggal 18 dan 19 Mei 2020, kembali dilakukan pengambilan sampel swab/sputum ke tiga dan empat selanjutnya sampel dikirim ke Dinas Kesehatan Propinsi Lampung kemudian dikirim ke Balai Laboratorium Kesehatan Propinsi Lampung,” jelasnya.

Selanjutnya, pada Tanggal 21 Mei 2020, hari Rabu mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung pemeriksaan sampel Swab/Sputum FT yang pertama dan kedua yang dikirim ke BBLK Palembang dengan hasil konfirmasi positif covid 19.

“Berdasarkan SOP penanganan konfirmasi covid-19 tanpa gejala diisolasi di rumah, namun untuk mengurangi kontak dengan orang/warga dan supaya lebih terpantau kesehatannya, maka FT diantar ke ruang isolasi RS ZAPA Way Kanan,” lanjut Anang.

Dan pada Tanggal 22 Mei 2020, hari Jum’at kemarin Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Way Kanan mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung bahwa hasil pemeriksanaan sampel swab/sputum FT yang ketiga dan keempat yang dikirim ke BLK Propinsi Lampung dengan hasil negatif Covid-19.

“Sehubungan sudah dinyatakan Negatif maka rekomendasi dari Dokter Penanggung Jawab Pasien dari Rumah Sakit Zainal Abidin Pagar Alam kondisi FT terpantau sehat tidak ada keluhan, dinyatakan sembuh dan bisa pulang.

“Tatalaksana selanjutnya adalah tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan PHBS, memakai masker dan physical distancing, kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat-sehat saja, terimakasih,” pungkas Anang. (*/Migo)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Hari Lalu Dinyatakan Positif Covid-19, Kini FT Sembuh, Begini Riwayatnya

Sab Mei 23 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]