views

Hasil Swab Test, 25 Warga Tanggamus Non Reaktif Covid-19

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tanggamus, merilis hasil pemeriksaan kesehatan melalui Rapid Test maupun Swab Test terhadap sejumlah warga kontak erat dengan pasien kasus 01 maupun karyawan PT Pelindo Kotaagung, Rabu (27/5/20).

Rilis disampaikan melalui Konferensi Pers dipimpin langsung Bupati Tanggamus, Hj Dewi Handajani didampingi Wakil Bupati, AM Safii dan sejumlah Forkopimda di Sekretariat GTPP Covid-19.

Terungkap, dari seluruh rangkaian Rapid Test terhadap kontak erat pasien 01 bahwa hasilnya Non Reaktif (Negatif), pun demikian hasil Swab Test terhadap warga kontak erat pasien kasus 01 maupun 1 karyawan PT Pelindo dinyatakan hasilnya Negatif.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Nomor 800/58/V/POS.027/V/2020 tanggal 26 Mei 2020 dinyatakan bahwa Sampel Swab yang dikirim dari Kabupaten Tanggamus dengan rincian, dari Kecamatan Pulau Panggung sebanyak 13 sampel. Kota Agung 1 Sampel. Dan seluruhnya dinyatakan Negatif,” ungkap Bupati Dewi.

Bupati memaparkan, berdasarkan hasil pemeriksaan dari Laboratorium Kesehatan Palembang pada tanggal 21 Mei 2020. Berdasarkan pemeriksaan sampel Swab dari RS Mitra Husada Pringsewu bahwa sampel yang berasal Kabupaten Tanggamus dinyatakan positif Covid-19.

“Dan oleh Gugus Tugas Covid-19 dinyatakan oleh kasus 1 atau 01. Berdasarkan kasus tersebut, GTTP Tanggamus melakukan tracking penelusuran terhadap kontak erat baik keluarga maupun orang-orang yang berhubungan langsung dengan almarhum,” bebernya.

Sambungnya, termasuk orang-orang yang mengurus jenazah pada saat pemakaman, dari hasil telusur sebagai berikut : 1. Terdapat kontak yang dilakukan rapid test sebanyak 25 orang dan semua hasilnya Non Reaktif / Negatif.

2. Terhadap kontak erat yang mengurus jenazah dan juga kontak erat lainnya dilakukan pemeriksaan swab dengan metode PCR pada tanggal 22 – 23 Mei 2020 dan langsung dikirimkan ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung pada tanggal 23 Mei 2020.

3. Pada tanggal 22 – 23 Mei 2020, tim Gugus Tugas mengambil sampel Swab terhadap pegawai PT. Pelindo Pelabuhan Kapal Teluk Semaka Kota Agung, dan pada tanggal 23 Mei 2020 dikirim ke Balai Laboratorium Provinsi Lampung.

Kemudian Bupati Tanggamus juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang,dan mengucapkan terimaksih kepada jajaran gugus covid 19 dan pekon semua yang terlibat, serta teman-teman media atas kerja keras bersama-sama karena hal ini tidak bisa dilakukan perkelompok saja, ia mengajak kepda seluruh unsur bertekad untuk mengakhiri pandemi virus Corona ini, semua ini tergantung prilaku Masyarakat dan kesadarannya masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Hasil swap negatif yang telah di sampaikan ini diharapkan masyarakat tetap waspada, jangan di anggap enteng, komitmen kita bersama mudah-mudahan tidak ada penambahan kasus covid 19 di kabupaten Tanggamus,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, Kasat Intelkam Polres Tanggamus AKP Samsuri, SH. MH mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya, SIK, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf Arman Aris Sallo, Kepala dinas kesehatan Taufik Hidayat, asisten II Sukisno, Asisten 1 Faturrahman, Kalak BPBD Ediyan M. Thoha, Kadis Kominfo Sabarrudin.(Andi/rudi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tiga Bandit Penodong Sopir Truk Dibekuk Polisi

Rab Mei 27 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]