views

Jelang Transisi Masa New Normal Life, Forkopimda Lampung Tengah Gelar Diskusi

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Menjelang New Normal Life corona virus disease (Covid-19), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lampung Tengah melakukan diskusi.

Dr Rusdianto mengatakan, jika ada orang yang mencuri untuk sekedar makan jangan lalu ditahan.
Namun, wajib untuk memaafkan dan memberikan pertolongan.

“Jangan dicarikan sisi hukumnya. Namun, carikan diskresinya di tengah pandemi Covid-19,” kata Dr Rusdianto Dosen Fakultas Hukum Unila yang juga anggota Dewan Risech Daerah (DRD) dalam diskusi Lamteng di tengah pandemi Covid-19 menyongsong era new normal life, Kamis (28/5/2020).

Dalam diskusi itu, Dr Rusdianto menyampaikan sarannya, jika ada orang yang mencuri hanya untuk maka, maka jangan langsung dihukum

“Saran saya, jika ada orang yang mencuri di tengah pendemi Covid-19 jangan langsung di hukum. Melainkan kita bantu dan maafkan lalu dicarikan diskresinya,” jelas Rusdianto.

Dalam diskusi tersebut, Dandim 0411) LT Letkol CZI Burhanuddin mengatakan,
tahapan awal disiplin protokol kesehatan Covid-19 tetap berjalan, tahapan pencegahan sudah dan tahapan penindakanpun sudah dilakukan.

“Semua itu dilakukan, tujuan utamanya adalah menyelematkan masyarakat Lamteng dari paparan virus Corona,” ujarnya.

Menurut dia, penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan, perlu pengawalan protokol kesehatan untuk mendisiplinkan masyarakat.

“Untuk mendisiplinkan masyarakat butuh kerjasama kita semua,” imbuhnya.

Dikatakan Letkol CZI Burhanuddin, semua pihak harus mempersiapkan sanksi sosial terhadap masyarakat yang tidak patuh. Namun, sanksi itu harus mendidik dan tetap menjaga wibawa warga tersebut.

“Jika sanksi sosial ini, tidak dilakukan maka kita sendiri yang akan kewalahan, untuk menegakkan kedisiplinan terhadap masyarakat,” tukasnya.

Sementara Kapores Lamteng AKBP Popon Ardianto Sunghoro, juga memberikan tutorial terkait pendisiplinan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Intinya menghadap new normal life, tetap menjaga protokol kesehatan dengan tujuan untuk menyelamatkan warga. Dan pemerintah tetap bisa menjalankan tugasnya,” ujar Kapolres.

Menurut AKBP Popon, new normal life tetap akan dikakukan dengan tujuan untuk menyelamatkan masyarakat dan memutus mata rantai Covid-19.

“New normal akan dilakukan karena tidak mungkin masyarakat akan selalu berada di rumah,” ujarnya.

Menurut dia, bila tidak segera diterapkan new normal life dikhawatirkan akan terjadi berbagai gejolak ditengah masyarakat.

“Jangan sampai terjadi kekacauan sosial secara masif. Kalau terjadi, siapa yang bisa mencegah dan meredamnya,” kata Kapolsek.

Sementara itu, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, kegiatan diskusi yang sedang dilakukan saat ini, untuk mencari solusi menyelamatkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Semua tujuan kita hanya satu bagiamana mengantisipasi kedaruratan sosial ini. Agar kita kembali bisa hidup normal,” jelasnya.

Menurut Loekman untuk menata kehidupan masyarakat di Lamteng, di tengah pandemi Covid-19 perlu membuat kajian ilmiah, menjelang new normal life.

Loekman berharap agar Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lamteng, tetap difungsikan dengan menambah cakupan wewenangnya.

“Dampak penutupan berbagai tempat pasilitas umum, sangat dahsyat pengaruhnya di tengah masyarakat. Untuk itu perlu sosialisasi kehidupan normal tersebut, sehingga pada saatan menerapkan sanksi sosial tidak mengalami gejolak,” harapnya.

Ditambahkannya, terkait pandemi Covid-19, saat ini ada banyak bahasa di tengah masyarakat. Apalagi, Kabupaten Lamteng adalah salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada, dan isu yang berkembang sangat berpengaruh terhadap dunia politik.

Contohnya, lanjut dia, ada beberapa kepala OPD Kabupaten Lamteng yang dipanggil Bawaslu. Karena, kebijakan yang dilakukan dianggap menguntungkan salah satu calon kepala daerah.

Padahal, kata Loekman, kebijakan yang diambil itu adalah kebijakan selaku kepala daerah bukan kebijakan salah satu calon kepala daerah.

Namun, Bupati Lamteng tetap berharap
menjelang transisi masa new normal life, Kabupaten Lamteng tetap kondusif, dan kehidupan bisa kembali normal.(gunawan)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Desa Madukoro di Lampung Utara Salurkan BLT DD ke 130 KK

Kam Mei 28 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]