views

Kades Trimulyo Pesawaran Merombak Perangkat Desa Secara Massal

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Di tengah pandemik corona virus disease (Covid-19), Kepala Desa (Kades) Trimulyo, Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran merombak perangkat desa secara massal.

Kades Trimulyo, Hendro mengatakan, alasan pergantian perangkat desa tersebut, selain untuk penyegaran juga memberdayakan generasi muda yang ada di desa setempat.

“Tujuan pergantian perangkat desa, untuk memberikan kesempatan pemuda desa yang memiliki potensi untuk kemajuan pembangunan desa agar lebih baik lagi,” kata Hendro, Kamis (28/5/2020).

Kades Trimulyo, membantah apabila perombakan perangkat desa melanggar peraturan yang ditetapkan pemerintah.

“Kami tidak akan ceroboh mas, pergantian perangkat desa sesuai dengan peraturan dan kebutuhan untuk kemajuan Desa Trimulyo,” ujarnya.

Menurut Hendro, pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa Trimulyo sesuai dengan Permendagri No: 67/2017, tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Dijelaskannya, sesuai dengan Permendagri No: 67/2017 perangkat desa diberhentikan karena tiga alasan.
Diantaranya, meninggal dunia, atas permintaan sendiri, usia telah genap 60 tahun, dinyatakan sebagai terpidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

Kemudian, lanjut dia, berhalangan tetap, tidak lagi memenuhi syarat sebagai perangkat desa, dan melanggar larangan sebagai perangkat desa.

“Perangkat desa yang diberhentikan, ditetapkan dengan keputusan kades, dan hasil pentapanya disampaikan kepada camat paling lambat 14 hari setelah ditetapkan,” imbuhnya.

Ditambahkan Hendro, mekanisme pengakatan perangkat desa telah diatur dalam Permendagri No: 83/2015, dengan delapan petunjuk untuk mengakat perakat desa. (mali/muksin)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dinyatakan Sembuh, Dua OTG dan Satu PDP di Lambar Pulang

Kam Mei 28 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]