views

Update Kasus Covid-19 Way Kanan: Lima Positif Sembuh, Satu Masih Dirawat

HEADLINELAMPUNG, WAY KANAN – Lima dari enam warga Kabupaten Way Kanan, Lampung yang berstatus positif Covid-19, telah dinyatakan sembuh dan satu lainnya masih menjalani isolasi di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam (ZAPA) Way Kanan.

Berdasarkan rangkuman Headlinelampung, lima warga yang dinyatakan sembuh yaitu PS (46th) asal Kecamatan Baradatu, JM (65) asal Kecamatan Rebang Tangkas dan AS asal Kecamatan Baradatu.

Selanjutnya FT (52) Perempuan Asal Kecamatan Baradatu dan SS (17) yang juga berasal dari Kecamatan Baradatu.

Diketahui, PS, JM dan AS diduga terpapar Covid-19 Klaster Goa Sulsel saat mengikuti Itjima Ulama Zona Asia.

Selanjutnya, FT diduga tertular Covid-19 dari AS karena FT merupakan Asisten Ruma Tangga AS.

Sedangkan SS merupakan warga Way Kanan yang tiga bulan kerja di Jakarta dan diduga terpapar Covid-19 saat menjalani pengobatan ginjal di Rumah Sakit Jakarta.

Akhirnya SS dibawa pulang ke Way Kanan dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung di Bandar Lampung.

Saat ini kelima warga yang telah sinyatakan sembuh oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung itu telah kembali ke rumahnya.

Adapun satu warga masih berstatus positif Covid-19 yang menjalani isolasi di RSUD ZAPA Way Kanan yaitu MZ, umur 20 tahun, laki-laki, asal Kecamatan Rebang Tangkas, merupakan santri Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Magetan, Jawa Timur.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Way Kanan, Anang Risgiyanto, mengungkapkan, meski sudah dinyatakan sembuh dan pulang, kelima warga tersebut tetap dalam pemantauan Tim Gugus Tugas.

“Kita pantau melalui Puskesmas maupun Gugus Tugas Kecamatan dan Kampung. Mereka diminta tetap melakukan protokol kesehatan, menerapkan physical dan social distancing (jaga jarak), menggunakan masker, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” kata dia, saat dikonfirmasi Headlinelampung via telepon, Senin (01/06/2020).

Untuk memastikan perkembangan satu warga positif Covid-19 yang masih dirawat di RS Zapa Way Kanan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan swab/sputum terhadap MZ.

“Sejak dinyatakan positif, kita sudah periksa sampai lima kali. Terakhir kemarin hasilnya masih positif. Kita periksa sampai hasilnya negatif dan dinyatakan sembuh,” jelas Anang.

Menurutnya, per hari ini tidak ada penambahan status orang dalam pemantauan (ODP) di Way Kanan, bahkan mengalami penurunan.

Tidak terkecuali orang yang keluar masuk wilayah, namun tetap dipantau Tim Gugus Tugas.

“Secara keseluruhan ODP kita turun. Mudah-mudahan situasi kita semakin membaik. Kita semua terus berupaya dan berdoa, semoga semuanya sehat-sehat saja,” harap Anang. (Migo)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Nessy Mustafa Serahkan APD Covid-19 untuk FTKH

Sen Jun 1 , 2020
Nessy […]