views

20 Saksi di Kasus Meubelair Disdikbud Pesbar Digarap Kejari Lambar

Headlinelampung.com, Pesisir Barat – Perkara dugaan korupsi meubelair Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tahun anggaran 2016 yang diperkirakan menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 630 juta, hingga kini masih dalam tahap pemeriksaan saksi oleh penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Lampung Barat (Lambar).

Perkara meubeler untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pesbar akhir-akhir ini menimbulkan pertanyaan, dan berdasarkan hasil audit BPKP kerugian negara (KN) perkara pengadaan meubelair tersebut sarat tindak korupsi yang menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 630 juta.

Kasi Intelijen Kejari Lambar Wan Susilo Hadi, S.H., mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang saksi, 20 orang tersebut yakni dari pihak Disdikbud Pesbar, bendahara dinas, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), pelaksana, rekanan, Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan Tim Kelompok Kerja (Pokja).

“Dari 20 orang tersebut 19 diantaranya sudah kita periksa, sedangkan satu orang lagi dari pihak ULP belum kita periksa karena berhalangan hadir, nanti akan kita panggil kembali,” ungkap Wan Susilo Hadi

Menurut Wan Susilo Hadi, jika ke 20 saksi sudah diperiksa, selanjutnya pihak penyidik akan berkoordinasi dengan tim ahli, tim Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Pemeriksa Keuangan Pemerintah (BPKP), Ahli Kehutanan dan Ahli Pidana, untuk menentukan langkah selanjutnya.

“Pemanggilan tim ahli akan kita jadwalkan dalam waktu dekat, dan selanjutnya untuk melengkapi alat bukti dan menyempurnakan proses penyidikan kita akan lakukan gelar perkara,” jelasnya

Ia melanjutkan, hingga saat ini belum ada pihak yang bisa ditetapkan sebagai tersangka, alat bukti yang cukup bisa menentukan pihak mana saja yang bertanggung jawab.

“Belum bisa kita melakukan penetapan tersangka jika proses penyidik belum sempurna, setelah proses selesai nanti akan kami informasikan kembali,” pungkasnya (Hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Fauzi Hadiri Pelantikan Pengurus DPC Granat Kabupaten Pringsewu

Jum Okt 25 , 2019
Headlinelampung.com, […]