views

Lapas Kota Agung Melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda dan Sosialisasi

Headlinelampung.com, Tanggamus – Lapas Kelas IIB Kotaagung, melaksanakan upacara sumpah Pemuda ke 91, di Halaman Terbuka Lapas, Senin (28/10/19).

Upacara yang di yang dipimpin langsung oleh Sohibur Rachman selaku Kepala Lapas Kotaagung, di ikuti Sebanyak 40 orang petugas Lapas. Dengan mengambil Tema “Bersatu Kita Maju”, dan siap menjadi pelopor bagi petugas untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Dalam sambutannya Kepala Lapas menyampaikan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda, bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita cita bangsa.

“Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional”. Pungkas Sohibur.

Lebih lanjut Sohibur menambahkan “bahwa semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia”.

Selesai Upacara, kegiatan di lanjukan dengan melakukan sosialisasi tentang pengolahan sampah yang berkeordinasi dengan Dandim 0424 Tanggamus dan Taruna SUPM Kotaagung, Senin (28/10/19).

Lapas Kotaagung kedatangan rombongan dari Dandim 0424 dan Taruna SUPM, dari kedatangan Dandim dan tim dari Tangerang yaitu Destha (Dipa Semesta Teja Bumi) adalah untuk melakukan sosialisasi tentang pengolahan sampah.

Sambutan awal dari Kepala Lapas, Sohibur Rachman menyampaikan bahwa “Setiap hari kita berhadapan dengan sampah dan saat ini belum menemukan solusi, dan ketika berdiskusi dengan pak Dandim munculah ide yang bisa menghasilkan nilai ekonomi, melalui tim Destha (yang didatangkan dari Tangerang untuk melakukan sosialisasi mengenai pengolahannya secara benar dan dapat menghasilkan).

“Kita berharap lapas juga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pengelolaan sampah yang baik,” Kata Sohibur.

Sementara Komandan Kodim 0424 Tanggamus, Letkol Arh. Anang Hasto Utomo menjelaskan bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah kedua terbanyak setelah China, dan karena itu kita harus mencari solusi terbaik dari apa yang menjadi kenyataan ini yaitu sampah yang sudah semakin menumpuk, Menggunakan alat penyulingan yang sederhana dan mampu menampung hingga puluhan kilogram sampah namun dengan daya bahan bakar yang sama.

“Pengolahan sampah ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dan nilai ekonomis serta menumbuhkan kesejahteraan bagi rakyat, hasil dari pengolahan sampah ini bisa menjadi bensin, solar dan bahan bakar padat dan apabila sedang tidak ada limbah plastik, alat ini dapat digunakan untuk penyulingan minyak Atsiri, yang mana kebutuhan pasar dunia masih belum terpenuhi, adapun yang dapat dijadikan minyak antara lai. Minyak serai, minyak cengkeh, minyak jahe, minyak Kamboja dan minyak pala, yang mana setiap minyak memberikan nilai ekonomi yang sangat tinggi”. Ujar Anang.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan lapas mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar dan memberikan pelayanan yang baik, dengan praktek yang dilaksanakan di aula barat lapas bersama SUPM diharapkan bisa menyerap ilmu yang didapat, dan kita simpulkan bahwa pemanfaatan limbah plastik menjadi bahan bakar alternatif dapat membantu masyarakat terutama para nelayan dan pengusaha home industri kecil dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan berbagai kalangan masyarakat. (And)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dekopi : Festival Kopi Bisa Meningkatkan Branding Kopi Robusta

Sen Okt 28 , 2019
Headlinelampung.com, […]