views

Bupati Apresiasi Kodim 0424 Dalam Pengolahan Sampah Plastik Menjadi BBM

Headlinelampung.com, Kota Agung – Dalam rangka Pembinaan Teritorial Terpadu serta mengurangi limbah plastik, dan menumbuhkan ekonomi masyarakat, Kodim 0424 Tanggamus melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengolahan Sampah, di GSG Islamic Center, Kota Agung, Rabu (30/10/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati
Hi. AM.Syafii, Dandim 0424
Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Kapolres AKBP Hesmu Baroto, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Asisten Bidang Pemerintahan Faturahman, Staf Ahli Bupati Firman Rani, para Kepala OPD, Danramil Kota Agung Kapten Inf Juliani Abri, jajaran Perwira Kodim 0424, Tim Kreator yang terdiri dari Ibnu Asngadi,
Umbar Susilo, Ari Sutekno, dan
Mansur.

Dandim Anang Hasto Utomo dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial Terpadu yang telah diprogramkan oleh Angkatan Darat. “Dalam hal ini saya bersama teman-teman yang memiliki ide dan pemikiran tentang pengolahan sampah yang diubah menjadi bahan bakar padat dan cair serta dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan yang memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat,” kata Dandim.

Dandim menambahkan, sampah merupakan masalah dunia, khususnya sampah plastik, dan Indonesia adalah penyumbang sampah plastik terbesar kedua dunia setelah Tiongkok.

“Pada kegiatan sosialisasi ini saya mengajak rekan-rekan DHESTA” (Dipa Semesta Teja Bumi) yang menciptakan alat yang dapat mengubah sampah menjadi bahan bakar padat dan cair. Alat yang diciptakan oleh Bapak Ibnu Asngadi dan Bapak Ari Sutekno, dapat mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar seperti premium, solar, minyak tanah. Sementara untuk sampah organik dapat berubah menjadi ethanol,” terangnya.

Sementara Bupati Hj. Dewi Handajani dalam sambutannya menyampaikan kegiatan itu merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dalam penanganan limbah plastik dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

“Mendengarkan apa disampaikan oleh Dandim 0424/Tanggamus tadi, artinya ada upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam  penanganan dan pengolahan sampah sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat secara berkelanjutan,” kata Bupati.

Bupati mengajak untuk  mengurangi penggunaan plastik, agar menjadi gerakan yang membudaya, serta mampu mengolah limbah plastik menjadi bermanfaat.

“Kita harus mengurangi penggunaan sampah plastik. Kemudian yang selanjutnya adalah bagaimana upaya kita untuk mengolah sampah plastik yang ada, dalam fungsi yang berbeda,” ujarnya.

Untuk itu Bupati mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kodim 0424 Tanggamus, dalam upaya tersebut. “Oleh karenanya pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0424/Tanggamus yang telah berkenan membagi ilmunya,” tandas Bupati.

Kegiatan dilanjutkan dengan melihat peragaan pengolahan sampah menjadi bahan bakar minyak. Demonstrasi ini pun mendapat perhatian yang sangat antusias dari Bupati, Forkopimda serta jajaran OPD dan peserta sosialisasi yang hadir. (And)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelayanan Adminduk Disdukcapil Sukses, 800 Keping e-KTP Ludes

Kam Okt 31 , 2019
Headlinelampung.com, […]