views

Lampung Barat Zona Kuning Covid-19, Tetap Laksanakan KBM Tatap Muka

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Setelah hampir enam bulan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), dilakukan dengan cara belajar dari rumah secara online, akhirnya pemerintah daerah mengizinkan KBM tatap muka sejak Senin (24/8/2020).

Hal tersebut mengingat daerah Lambar masih berstatus zona hijau. Sedangkan menurut Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, terkait pelaksanaan pembelajaran di zona selain merah dan oranye, yakni di zona kuning dan hijau, untuk dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dengan bergantinya status Kabupaten Lambar dari zona hijau ke zona kuning, menyusul adanya salah satu warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (29/8) kemarin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lambar, Bulki Basri mengatakan, KBM tatap muka di Lambar akan tetap dilaksanakan, tentunya dengan adanya penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi.

“KBM tatap muka tetap akan dilanjutkan, karena memang menurut SKB Empat Menteri di zona kuning masih boleh dilakukan, namun dengan bergantinya status hijau ke kuning ini tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pengawasan yang lebih ketat lagi, dan itu nantinya pihak Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan kita,” ungkap Bulki.

Sementara lanjut Bulki, jika sebelumnya diketahui terdapat Satu warga Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Lambar terkonfirmasi positif Covid-19 dan Empat warga dinyatakan reaktif, maka khususnya di daerah tersebut nantinya pihaknya akan mempelajari lagi, apakah terdapat dari mereka yang mempunyai anak yang mengikuti KBM tatap muka.

“Kita akan selidiki siapa tau ada salah satu dari mereka yang merupakan orang tua murid yang mengikuti KBM tatap muka, untuk kedepannya tetap kita akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan maupun gugus tugas,” jelasnya.

Dilain pihak, Kepala Sekolah SMPN I Kecamatan Sekincau, Bambang Irawan mengatakan, dengan adanya warga Kecamatan Way Tenong terkonfirmasi Covid-19 dirinya tidak menyangkal adanya kekhawatiran, namun kata dia dengan adanya penerapan protokol kesehatan ia berharap KBM tetap berjalan dengan baik.

“Kecamatan Sekincau inikan bersebelahan dengan Kecamatan Way Tenong, jadi khawatir sudah pasti, untuk itu nantinya KBM tatap muka ini akan kita jalankan dengan lebih ketat lagi protokolnya, sehingga mudah-mudahan semua peserta KBM tetap terjaga kesehatannya,” ujar Bambang

Diketahui sepekan yang lalu Pemerintah Daerah Lampung Barat memutuskan KBM tatap muka untuk SD/MI dan SMP/MTS diperbolehkan, dengan catatan wajib menerapkan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh dengan menggunakan alat Thermo Gun, mencuci tangan, menjaga jarak dan pakai masker. (Hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Covid-19 Way Kanan: Pasien Sembuh Bertambah Tiga Orang, Dua Masih Diisolasi

Ming Agu 30 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]