views

PLN Lampung Salurkan Kabel Laut di Pulau Pahawang

Headlinelampung.com, Pesawaran- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menggelar peletakkan batu pertama Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) di Dusun Kalayang, Desa Pulau Pahawang, Pesawaran pada Rabu, 20 November 2019 kemarin.

Pada acara ini, hadir Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, EVP Pengembangan Regional Sumatera PLN Budi Pangestu, Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, General Manager PLN UID Lampung Pandapotan Manurung dan Pejabat di lingkungan Pemprov Lampung dan Pemkab Pesawaran.

“Terima kasih kepada PLN yang telah bekerja keras melistriki di daerah kebanggaan wisata Lampung, Pulau Pahawang,” ujar Arinal dalam sambutannya.

Peletakan batu pertama ini menjadi awal dimulainya pelaksanaan pengadaan SKLTM di Pulau Pahawang. Pemasangan SKLTM sepanjang 1,8 kms ini melalui proses produksi dan pengiriman kabel, penggelaran SKLTM, konstuksi jaringan darat hingga pengoperasian. Pekerjaan dimulai dari November sampai Desember 2019.

Kondisi kelistrikan di Pulau Pahawang dilengkapi dengan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 9,74 kms dan Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 11,26 serta didukung oleh 4 gardu distribusi dengan kapasitas masing-masing 100kVA.

“Insya Allah dengan adanya SKLTM ini, kelistrikan di Pulau Pahawang aman dan semoga dapat menjadikan pahawang sebagai desa wisata green energy,” ucap Budi Pangestu dalam sambutannya.

Pemasangan SKLTM telah dilakukan di beberapa tempat di Sumatera, seperti di Dumai-Pulau Rapat, Pulau Bintan-Pulau Penyengat, Pulau Batam-Pulau Belakang Padang, dan Pesisir Barat-Pulau Pisang.

Kehadiran SKLTM ini diharapkan dapat membantu mendorong perekonomian masyarakat Pulau Pahawang, meningkatkan daya tarik investor, hingga meningkatkan pendapatan daerah sebagai desa wisata eco tourism.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung bersama Bupati Pesawaran mencoba motor listrik mengelilingi Pulau Pahawang.

Motor listrik memiliki kelebihan, antara lain ramah lingkungan, bebas polusi udara, bebas polusi suara, aman, dan mudah digunakan.

Untuk pengisian ulang tenaga motor listrik ini dapat dilakukan dimana saja karena PLN telah menyediakan 108 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di Wilayah Provinsi Lampung. (Rls)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hendra Sabet Gelar Juara Kompetisi Tenis Meja

Kam Nov 21 , 2019
Headlinelampung.com, […]