views

Pulang dari Kalbar, Tiga Warga Tulang Bawang Positif Covid-19

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG-Tiga warga Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) terkonfirmasi Covid-19. Diketahui tiga warga positif Covid-19 adalah satu keluarga satu laki-laki berinisial L (59), serta dua perempuan berinisial S (51), D (24) merupakan Warga Kampung Mulyo Aji, Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tuba.

Ketiga dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, usai melakukan perjalanan ke Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (8/8/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus juru bicara Gugus Tugas Satgas Penanganan (GTSP) Covid-19 Tuba, Patoni menjelaskan, sebelum keberangkatan ke Kalbar tiga warga tersebut telah melakukan rapid test di Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuba dengan hasil non-reaktif.

“Sebelum berangkat ke Kalbar, mereka telah melakukan rapid test ke Dinas Kesehatan dengan hasil non-reaktif,” jelas Patoni, Rabu (9/9/2020).

Dikatakan Patoni, kronologis terpapar Covid-19 tiga warga Tuba tersebut, saat perjalanan pulang. Dalam pesawat, merasakan gejala batuk, pilek, demam, nyeri uluhati dan sesak.

Selanjutnya, setelah pasien berobat ke Puskesmas Tim Surpailand Puskesmas menganjurkan untuk isolasi mandiri dan diberi vitamin juga obat.

Kemudian, lanjutnya, pada Kamis (20/8/2020) pasien berinisiatif untuk berobat ke bidan kampung, tapi tidak ada perubahan.

Dijelaskan Patoni, pada 2 September 2020 dilakukan Rapid Test oleh Tiim Surpailand Puskesmas dengan hasil non-reaktif.

Kemudian, Jumat (4/9/2020) dilakukan Rapid Test kembali sebanyak dua kali dengan hasil reaktif, dan dianjurkan isolasi mandiri.

“Pengambilan swab dilakukan, Senin (7/9/2020) dan dikirim ke LAB Kesda Provinsi Lampung. Dan, Dinkes Provinsi Lampung, Selasa (8/9/2020) memberikan hasil swab, dinyatakan tiga pasien positif Covid-19,” tukasnya.

Ditambahkan Ia, saat ini tiga warga Tuba tersebut sudah dirawat di RSUD Menggala, dan dalam keadaan baik.

“Saya imbau masyarakat Tuba, tetap tenang dan jangan panik tapi waspada, dengan menerapkan protokol Kesehatan yakni, menggunakan masker, menjaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun, dan pakai hendsanitaizer,” pungkasnya. (nando)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kodim Tulang Bawang Gelar Coffe Morning Bersama Wartawan

Rab Sep 9 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]