views

Tahun Ini, Dana Desa di Lampung Barat Dipangkas hingga Rp 1,4 Miliar untuk Penanganan Covid-19

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Pemangkasan anggaran yang diperuntukan pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19, mengakibatkan Dana Desa (DD) tahun ini di Lampung barat (Lambar) berkurang hingga Rp 1,4 miliar.

Angka Rp 1,4 miliar tersebut didapat setelah setiap DD dari 131 Pekon di Lampung Barat dikurangi sebesar Rp 10.800.000.

Kabid Pemerintahan Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Lampung Barat, Rusfel Gultom mengatakan, sebelumnya Lampung Barat menerima kucuran DD sebesar Rp 127 miliar namun dipangkas 1,4 miliar guna penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Pemangkasan tersebut dilakukan saat pencairan kedua, sehingga saat pemerintah Pekon mencairkan DD tahap dua masing-masing dikurangi sebesar 10.800.000, dan untuk di tahap pertama masih normal karena belum ada Covid-19 di tanah air,” jelas Rusfel, (10/9/2029).

Lebih jauh Rusfel mengatakan, dengan adanya pandemi Covid-19 ini penggunaan DD tentu berbeda dengan kondisi sebelum adanya Covid-19, mengingat di tengah pandemi ini sebagian besar DD dialihkan menjadi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebagai upaya perlindungan sosial terhadap masyarakat terdampak.

“Untuk tahun 2021 penggunaan DD masih diprioritaskan ke ketahanan pangan, peningkatan ekonomi Pekon, pemulihan ekonomi kaitan dengan dampak Covid-19 dan lainnya. Kegiatan pun diharapkan dengan gunakan metode padat karya agar masyarakat memiliki penghasilan dengan memberdayakan masyarakat lokal,” ujarnya.

Sementara itu kata Rusfel, belum dipastikan apakah akan ada pemotongan lagi untuk tahun 2021, pasalnya hingga saat ini belum ada satupun kebijakan atau pemberitahuan maupun aturan yang mengatur secara tegas tentang pengurangan DD tahun 2021 mendatang.

“Belum ada kepastian untuk tahun depan, kita masih menunggu kebijakan pusat. Secara tegas belum ada pemberitahuan akan ada pengurangan, meskipun ada pengurangan nantinya kita siap berapapun yang diberikan pusat. Jika itu terjadi kita akan mengkaji lagi kegiatan tahun depan,” pungkasnya. (Hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Gunungsugih Perbaiki Fasilitas Kerja Pelayanan untuk Masyarakat

Kam Sep 10 , 2020
HEADLINELAMPUNG […]