views

Polres Lamteng Pasang Banner Maklumat Kapolri Ditempat Keramaian

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Untuk menghindari timbulnya cluster baru di Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, Polres Polres Lampung Tengah (Lamteng), sampai Polsek memasang Maklumat Kapolri, ditempat keramaian dan fasilitas umum, Selasa (22/9/2020).

Kapolres Lampung Tengah AKBP Popon Ardianto Sunggoro SIK menginstruksikan Kabag Ops Kompol Juli Sundara bersama Kasubag Humas Iptu Sayidina Ali untuk memasang banner Maklumat Kapolri di kantor KPUD dan sejumlah tempat umum lainnya.

Banner yang dipasang tersebut merupakan Maklumat Kapolri No : Mak/3/IX/2020, tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2020.

Kabag Ops Kompol Juli Sundara mewakili Kapolres Lamteng, AKBP Popon Ardianto Sunggoro mengutip isi maklumat tersebut yakni, Pemilihan Kepala Daerah merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat secara kontitusional yang dilindungi oleh undang-undang, maka diperlukan penegasan peraturan agar tidak menjadi Klaster baru Penyebaran Covid-19.

Hal itu, menurut Kabag Ops ditujukan untuk memberikan perlindungan dan menjamin kesematan kepada penyelenggara, pemilihan, peserta pemilih dan seluruh hak pilih yang terkait dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 pada adaptasi kebiasaan baru.

Dikatakannya, dalam maklumat tersebut ada ancaman bagi pelanggarnya.

“Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan Maklumat Kapolri, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan yang diperlukan sesuai ketentuan perudang undangan yang berlaku,” ujar Kompol Juli.

Menurut Ia, dengan dipasangannya Maklumat Kapolri tersebut, diharapkan
dapat dibaca dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Ditambahnya, Maklumat Kapolri itu selain dipasang di tempat keramaian dan fasiltas umum, juga dipasang di pintu masuk Mapolres dan Mapolsek se-Kabupaten Lamteng

“Semoga dengan adanya, Maklumat Kapolri dan imbauan ini, masyarakat akan peduli terhadap kesehatan diri sendiri maupun orang lain, sehingga
pandemi Covid-19 segera berakhir,’ pungkasnya. (Gunawan)

Berikut isi Maklumat Kapolri:

1. Dalam Pelaksanaan Pemilihan tahun 2020 tetap Mengutamakan kesematan jiwa dengan mematuhi kebijakan dan peraturan Pemerintah, terkait penanganan, pencegahan, serta Protokol Kesehatan Covid-19.

2. Penyelegara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih dan seluruh pihak yang terkait pada setiap tahapan pemilihan wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19, dengan memakai Masker, Mencuci Tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumanan.

3. Pengerahan Massa pada setiap tahapan pemilihan tidak melebihi batasan jumlah massa yang telah ditetapkan oleh penyenggara pemilihan.

4. Setelah selesai melaksanakan setiap kegiatan, tahapan pemilihan semua pihak yang terlibat dan masyarakat agar segera membubarkan diri dengan tertib, tanpa arak-arakan, konvoi, atau sejenisnya.

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Partai Hanura Dukung Anna-Fritz di Pilkada Kota Metro

Sel Sep 22 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]