views

Ribuan Hektar Sawah di Pesawaran Terancam Gagal Tanam

Headlinelampung.com, Pesawaran – Sekitar seribuan hektar areal persawahan yang berada di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pesawaran, terancam gagal tanam.

Pasalnya, pasokan air sangat krisis, akibat rusaknya pintu air, hal itulah menjadi faktor penyebabnya. Akibatnya, tahun ini banyak petani yang tersebar di kecamatan Way Lima, Kedondong dan Waykhilau menganggur alias tidak bisa bercocok tanam. Tentunya hal ini sangat merugikan para petani.

Demikian diungkapkan oleh salah seorang pengurus AP3A Desa Gunung Sari Kecamatan Waykhilau Sunarto.

“Pernah Bupati Dendi ketika itu datang ke pintu air Waylipang Desa Gunung Sari, dan berjanji akan memperbaiki. Tetapi tidak terlaksana,” ujar Sunarto, Minggu (8/13/2019).

Meskipun sudah ada perbaikan, namun hanya memperbaiki tiang pintu yang bengkok.

Padahal Sunarto berharap, kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten, dapat dilakukan perbaikan besar. Sehingga dapat berpungsi pintu air dan sayap kanan kiri bendungan dapat di lalui air.

Saat ini, kata Sunarto, kondisi setelah di lakukan perbaikan malah parah, karna pintu air tidak dapat di buka dan di tutup. “Kedepan tiga wilayah itu akan kesulitan air, jika tidak segera diperbaiki terutama di pintu air Waylipang,” ujarnya.

Hal senada juga di keluhkan oleh Kamirin warga lainnya. Kita sangat berharap kepada Bupati. Dapat kiranya melakukan perbaikan ulang, sehingga air dapat mengaliri ribuan hektar areal persawahan.

Bila seperti ini, kondisi pintu air tidak dapat di perbaiki tidak akan mampu mengaliri air hingga ke areal persawahan masyarakat.

“Musim tanam, tahun ini di khawatirkan petani padi tidak mendapat pasokan air sebagaimana mestinya. Karena, pintu air saat ini tidak sesuai dengan harapan kami,” katanya.

Bila pintu air tidak total di perbaiki ulang. Dan kanan kiri sayap tidak di lakukan pembersihan maka air, tidak akan mungkin sampai ke areal persawahan. (Agung)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Meriahkan Hari Ibu, Tubaba Gelar Jalan Sehat dan Lomba Mewarnai

Ming Des 8 , 2019
Headlinelampung.com, […]