views

Dukung Nilai Persaingan Usaha, Pemprov Lampung Masuk Nominasi KPPU Award

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG — Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) pusat memasukkan nominasi penghargaan atau award kepada Pemerintah provinsi (Pemprov) Lampung, guna mengapresiasi dukungan dan upaya pemerintah mendorong nilai-nilai persaingan usaha.

Juru Bicara KPPU pusat, Guntur Syahputra Saragih, mengatakan, pemberian award ini dilakukan akan menjadi bagian penting dari kebijakan ekonomi yang sejalan dengan prinsip persaingan usaha sehat sebagaimana UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (UU 5/1999), serta upaya membangun pola kemitraan yang ideal berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UU 20/2008)

“Adapun nominasi award ini melalui proses penilaian yang telah dilakukan sejak Juni 2020 secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan interaksi yang telah dilaksanakan KPPU dengan KIL dan Pemerintah Provinsi,” kata Guntur, dalam siaran rilisnya, Jum’at (20/11/2020)

Selain itu, KPPU award diberikan terhadap Kementerian atau Lembaga (KL) dan Pemerintah Provinsi, yang dianggap memiliki kontribusi terbaik terhadap dua peran utama KPPU, yakni sebagai pengawas persaingan usaha dan pengawas pelaksanaan kemitraan

Dari hasil penilaian yang dilakukan KPPU, terdapat tujuh nominasi daerah lainnya yang mendapatkan award sebagai apresiasinya.

“Adapun tujuh nominasi daerah tersebut yaitu, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Jambi, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Utara.

Untuk Kementerian atau Lembaga terdapat 10 nominasi

Adapun 10 nominasi tersebut yakni, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

“Dari berbagai nominasi tersebut, KPPU akan melakukan penilaian lanjutan terkait untuk dipilih KL dan Pemerintah Provinsi dengan kontribusi terbaik dalam implementasi persaingan usaha yang sehat serta pengawasan pelaksanaan kemitraan,” kata dia. (Sandi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Transaksi Jual Beli Tanah Milik ASN Metro Berbuntut Laporan ke Polisi

Jum Nov 20 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]