Polres Lamteng Kukuhkan Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas

5

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Kepolisian Resor (Polres) Lampung Tengah mengukuhkan Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas dalam Forum Silaturahmi Kamtibmas (FSK), Rabu (25/11/2020).

Pengukuhan tersebut, dihadiri oleh Wadirbinmas Polda Lampung AKBP A. Rahman Napitupulu, Kasi Orsosmas Ditbinmas Kompol M. Daud, Kabag Bin. Ops. Ditbinmas Kompol Ujang, Kasi Binlatpuan Bhabinkamtibmas Ditbinmas Kompol Muhidin, Ketua Pokdarkamtibmas Lampung Firman Rusli, Ketua Dai Kamtibmas Lampung Sulaiman Bardan, Pj. Sekkab Lamteng Nirlan, dan Dandim 0411 Lamteng Letkol Inf Andri Hadiyanto.

Wadirbinmas Polda Lampung, AKBP A. Rahman Napitupulu mengatakan, pengukuhan Pokdarkamtibmas di Lamteng adalah yang ke-12.

Ia mengatakan, pengukuhan Dai Kamtibmas Lamteng adalah yang pertama kalinya.

“Kami berharap Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas ini, bisa ikut menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Lamteng,” jelasnya.

BACA JUGA:  Bagal Pengancam Pelajar Gunakan Golok, Akhirnya Dibekuk Polsek Trimurjo

Sementara itu, Wakapolres Lamteng Kompol Suparman menyatakan, tujuan dikukuhkannya Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas untuk membantu menciptakan situasi Kamtibmas kabupaten setempat.

“Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas ini, dalam menjalankan tugas Lilahitaala. Artinya, mereka ikhlas hati dalam menciptakan situasi kamtibmas,” ujarnya.

Menurut Kompol Suparman, terbentuknya Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas, karena keikhlasan tokoh masyarakat dalam menjaga Kabupaten Lamteng yang kondusif.

Wakapolres juga berharap, masyarakat lainnya ikut serta dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.

Karena, lanjutnya, tugas Polri bukan hanya penegakan hukum. Mana kala bisa diselesaikan secara kekeluargaan, maka selesaikan melalui Pokdarkamtibmas.

Ia mengaku dengan adanya Pokadarkamtibmas, Polri sangat terbantu untuk menciptakan situasi yang kondusif di Kabupaten Lamteng.

BACA JUGA:  2019, Janda di Lamteng Meningkat

Wakapolres merinci jumlah Pokdarkamtibmas dan Dai Kamtibmas yang dikukuhkan, totalnya mencapai 90 orang antara lain, Dai ada 28 dari setiap kecamatan dan Pokdarkamtibmas sejumlah 62 orang.

Sementara itu, Ketua Pokdarkamtibmas Lamteng, Purismono menyatakan, Pokdarkamtibmas mengarahkan untuk rembuk kampung, dalam menyelesaikan setiap persoalan di lapangan agar tidak terjadi konflik.

Untuk itu, kata Purisnono pihaknya berperan untuk rembuk pekon. “Ini agar tidak lagi terjadi konflik di tengah masyarakat. Diupayakan penyeselesaianya melalui Pokdarkamtibmas,” tegasnya.

Pengukuhan tersebut, selain dihadiri oleh Forkopimda juga dihadir Kadiskes Lamteng, Otniel Sriwidiatmoko, Ketua KPU Lamteng, Irawan Indrajaya, Ketua Bawaslu, Harmono dan Kesbangpol Sugandi. (Gunawan)