Hari AIDS Sedunia, Hingga Desember 2020, Mesuji Catat 15 Kasus Positif HIV

5

HEADLINELAMPUNG, MESUJI — Seiring peringatan Hari AIDS sedunia, Kabupaten Mesuji mencatat 15 kasus positif Human Immunodeficiency Virus (HIV) hingga Desember 2020.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P3) Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Suyono, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Yanuar Fitrian.

“Saat ini kasus yang sudah terdata sepanjang 2020 sebanyak 15 kasus, meninggal 3 orang, untuk total dari tahun 2015 hingga 2020 sebanyak 41 kasus dengan total meninggal 11 orang,” jelas Suyono melalui pesan WhatsApp (1/12/2020).

BACA JUGA:  Inspektorat Tuba Akan Telusuri soal Rehab Sekolah Diduga Sarat Penyimpangan

Suyono menambahkan, saat ini pemeriksaan AIDS bisa dilakukan di Puskesmas yang dikhususkan untuk ibu hamil dan penderita Tuberkulosis (TB) dan terhadap orang yang merasa beresiko.

“Untuk saat ini pemeriksaan dini dapat dilakukan di Puskesmas, itu dikhususkan untuk ibu hamil, penderita TB dan orang yang merasa beresiko, setelah dinyatakan positif dengan kondisi kondisi jelek dapat melakukan pemulihan di RSUDAM,” tambah Suyono.

BACA JUGA:  Pengurus KONI Pringsewu Dilantik

Ia menghimbau, untuk menghindari terpapar HIV agar tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, setia pada pasangan setelah menikah, gunakan kondom untuk yang beresiko dan jauhi obat-obatan terlarang terutama penggunaan jarum suntik.(Rangga)