views

Pemda Lamtim Peringati Bela Negara Ke 71

Headlinelampung, Sukadana – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-71, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur menggelar Upacara yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Lampung Timur, Kamis (19/12/2019).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera itu diikuti oleh Kasdim 0429/Lamtim, Joko Subroto dan seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.

Bela Negara sendiri adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Berdasarkan Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan : setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera menyampaikan bahwa tantangan yang di hadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini sangat berat dan beragam bentuknya, seperti yang dikatakan oleh Bung Karno bahwa bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI. Semakin beragamnya ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dihadapi bangsa ini, hanya bisa kita hadapi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Di sinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia”.

Syahrudin menambahkan, salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, dan nilai dasar bela negara.

“Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 saya telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia”.

Sebelum menutup penyampaiannya, Syahrudin berharap agar Aksi Nasional Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif, dan massif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya.

“Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan Kita,” pungkasnya. (Edwar)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menumbuhkan Rasa Aman, Polres Tubaba Gelar Apel Pasukan OLK 2019

Kam Des 19 , 2019
Headlinelampung, […]