views

Akhir Tahun, DPMD Bersama Kades di Mesuji Gelar RAT

Headlinelampung, Mesuji – Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Mesuji menggelar koordinasi desa bersama seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Mesuji.

Rapat Koordinasi Akhir Tahun tersebut di gelar di Aula kantor Bupati Mesuji Wiralaga Mulya Kecamatan Mesuji.

Hadir dalam kesempatan itu, Plt Bupati Mesuji H Saply  ,TH., Kepala Dinas DPMD Mesuji  Sunardi ,SE, Kepala Desa se-kabupaten Mesuji, dan para Camat se-Kabupaten setempat, Senin (30/12/2020).

Kepala Dinas PMD Sunardi melaporkan bawasannya penyaluran Dana Desa telah  mencapai 99% dari total 105 desa. Dari jumlah itu, hanya satu desa yang belum tersalurkan yaitu desa Tanjung Harapan. Hal tersebut dikarenakan sampai pada saat ini belum masuk pengajuan dan persyaratan belum lengkap.

“Dan dalam rangka percepatan kegiatan desa pada tahun 2020 saat ini desa sedang menyusun rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) 2020,”.

“Sejauh ini Dinas PMD telah dan terus melakukan pembinaan dan bimbingan kepada Desa agar kegiatan desa yang akan dilakukan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujar Sunardi.

Sunardi menegaskan, pada Minggu pertama bulan Januari tahun 2020 Dinas PMD akan melakukan asistensi penyusunan RAPBDes bagi 105 desa se-kabupaten Mesuji, asistensi akan di rencanakan sebelum evaluasi APBDes dilaksanakan di kecamatan guna menjamin akurasi perancangan yang ada di desanya masing-masing. 

Sunardi juga melaporkan kepada Plt Bupati H Saply ,TH, bahwa pemilihan kepala desa serentak sudah dilaksanakan dan berjalan dengan lancar, aman, dan damai. Dan kami rencanakan pelantikan kepala desa terpilih dan pelatihan awal masa jabatan kepala desa akan di laksanakan pada januari 2020 mendatang. Dan untuk memasuki era digital saat ini sebagai salahsatu propintar penggunaan Dana Desa berdasarkan permendes No 11 tahun 2016 tentang prioritas Dana Desa tahun 2020 dan praturan gubernur Lampung tentang prioritas Dana Desa Dinas PMD telah memberikan Fasilitasi pembuatan website desa, di 36 desa dan kami berharap desa yang mempunyai website dapat mengembangkan website desa nya sehingga potensi yang ada di desa dapat di sebar kan dan di kenalkan ke seluruh dunia. 

H Saply berpesan kepada seluruh kepala Desa untuk membangun Desa sesuai kan dengan aturan yang berlaku.  Dan Saply juga berharap kepada desa untuk menggali potensi yang ada di Desa,  kordinasi bekerja kepala desa, Camat, Dinas PMD,dan Bupati. Agar setiap permasalahan yang ada di desa di klarifikasi berjenjang. Dan juga kita harus aktif bersosialisasi kepada masyarakat tentang program-program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah baik yang bersumber dari dana APBDes maupun yang bersumber dari dana APBD kabupaten Mesuji. Dan kepala Desa tanggap untuk menghadapi fenomena yang terjadi di masyarakat nya. Dan desa aktif untuk bergotong-royong dengan masyarakat melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas, kita ketahui bersama bahwa Babinsa dan Babinkamtibmas dapat insentif dari desa sebesar satu juta perbulan maka manfaat kan Babinsa dan Babinkamtibmas itu untuk bergotong-royong dan menjaga keamanan di Desa.  

“Saya berharap juga kepada seluruh kepala desa untuk tidak perlu loyal yang berlebihan kepada saya tetapi cukup kepala desa loyal dengan cara meng Amankan dan Mengaminkan semua kebijakan pimpinan dan menjalankan tugas dan amanah dengan sebaik-baik nya”. Harap Saply

Satu hal yang sangat di banggakan di kabupaten Mesuji sekarang dan ini merupakan inovasi yang sangat luar biasa yaitu satu mahasiswa untuk satu Desa. Mahasiswa ini akan di honorer kan oleh pemerintah daerah untuk membantu administrasi Desa. Ini luarbiasa karna belum terjadi di kabupaten lain se-provinsi Lampung baru di Mesuji yang menerapkan sistem ini.  (Agung)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gubernur Arinal Minta Kabupaten/Kota Tindaklanjuti LHP BPK Paling Lambat 60 hari

Sen Des 30 , 2019
Headlinelampung, […]