views

Bupati Tanggamus Buka Rapat Koordinasi (TIK) Program Inovasi Desa 2019

Headlinelampung, Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.MM., menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Tanggamus Program Inovasi Desa Tahun 2019, bertempat di GSG Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Selasa (30/12/19).

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi dan penghargaan kepada para narasumber dan panitia kegiatan rakor ini. Program inovasi desa/pekon (PID) merupakan salah satu wujud upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawa cita dalam RPJMN 2015-2019.

PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan pekon secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Lanjut Bupati, PID dilaksanakan oleh Kementrian Desa Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi RI. dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada pendampingan desa dalam pelaksanaan Undang-Undang tentang desa.Tujuan Umum program inovasi desa adalah mendorong produktivutas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas pekon yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian pekon.

” Sedangkan tujuan khususnya adalah, daintaranya meningkatkan efektivitas penggunaan dana di pekon melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis terencana dan partisipatif, Meningkatkan kapasitas pemerintah pekon dalam merencanakan dab melaksanakan kegiatan pembangunan pekon secara lebih inovatif dan berkuakitas, Memfasilitasi peningkatan kapasitas pekon-pekon melalui penyedia peningkatan kapasitas teknis pekon berdasarkan kebutuhan pekon dalam mewujudkan replikasi kegiatan inovasi desa, serta Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan kader pemberdayaan masyarakat desa ( KPMD),Kata Bupati”.

Selanjutnya, dalam rangka pelaksanaan program inovasi desa ,sesuai dengan juknis pelaksanaan PID maka saat ini kita selenggarakan rakor Tim Inovasi Kabupaten Tanggamus Tahun 2019. Kegiatan kali ini bertujuan untuk diantaranya, Melakukan koordinasi antara Tim Inivasi Kabupaten (TIK) tim pelaksana inovasi desa (TPID),tenaga ahli /pendamping desa/pendamping lokal desa P3MD Aparatur kecamatan ,kader kebangsaan,kader pembangunan manusia (KPM) dan Stakeholder terkait. Melakukan evaluasi progres kegiatan yang dilaksanakan TPID selama tahun 2019. Melaksanakan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan PID. Pengendalian dan Konsolidasi RKTL dimasing-masing TPID.

Bupati berharap, melalui rakor ini diharapkan memiliki peningkatan wawasan ,kapasitas dan komitmen dalam melaksanakan program inovasi desa (PID). Disamping itu melalui pertemuan ini diharapkan juga adanya solusi atau langkah-langkah dalam mengahadapi permasalahan yang muncul dan bersama-sama menyusun RKTL untuk kebersihan PID di Kabupaten Tanggamus, Ujarnya”.

Sebelumnya Kadis PMD Idham Khalid, AZ. S.H. MM. melaporkan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai koordinasi dan evaluasi progres pelaksanaan PID serta rencana tindak lanjut pelaksanaan PID tahun 2019.

Peserta berjumlah 321 orang terdiri dari, Personel TIK yang meliputi pikja PID dan P2KTD yang melibatkan OPD yakni Dinas PMD , Dinas Kesehatan, Bappelitbang, Dunas Pendidikan ,Dinas PU, Dinas Kominfo, DisParbudpora, serta Dinas Koperindag dan UMKM Tanggamus. TPID dari 20 Kecamatan se Kabuoaten Tanggamus dimana masing-masing TPID berjumlah 7 personel. Tenaga ahli P3MD Kabupaten Tanggamus dan Koordinasi PD/LPD Kecamatan (Korcam). Camat dan personel tim verifikasi/evaluasi APBPekon se Kabupaten Tanggamus. Kepala pekin se Kabupaten Tanggamus (diundang 100 kepala pekon yang belum membentuk BUMPekin. Serta stakeholder terkait dari lembaga P2KTD dan OPD Kabupaten Tanggamus.

Adapaun Narasumber Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa Provinsi lampung Bapak I Wayan Gunawan,S.E. kepala bidang pemerintahan desa dan kelurahan pada dinas PMD Provinsi Lampung. Tenaga Ahli Madya (Tam) P3MD KPW II provinsi Lampung Bapa Ibnu Walidin selaku Management Informatika system program inovasi desa, dan Dinas PMD Kab. Tanggamus yang didukung oleh Tenaga ahli P3MD Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir Kepala Dinas PMD Tanggamus Idham Khalid,AZ.S.H.MM., Kadis Kominfo Sabaruddin, dari PMD Provinsi Lampung Fahmutami DamhuriS. S. SSTP., dan Nara sumber Bp. I Wayan Gunawan dari Dinas PMD provinsi Lampung, Bp. Ibnu Walidin selaku tenaga Ahli Madya (Tam) P3MD KPW II provinsi Lampung, Camat Gisting Purwanti, serta camat se Tanggamus, para Tim Inovasi Kab. Tanggamus, para P3MD Kab. Tanggamus, para P2KTD Kab. Tanggamus / mewakili, serta para Kepala Pekon Se Tanggamus.(And)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wagub Nunik Gelar Tradisi Mapak Toyo di Bendungan Argoguruh Tegineneng

Sel Des 31 , 2019
Headlinelampung, […]