views

Ratusan Rumah di Pesibar Terendam Banjir

Headlinelampung, Pesisir Barat – Hujan deras yang mengguyur di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), mengakibatkan banjir hingga merendam area permukiman warga dan menyebabkan longsor, Jumat (10/1/2020).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Syaifullah, mengatakan bahwa hingga saat ini berdasarkan informasi yang diterima setidaknya sekitar 150 rumah lebih dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Pesisir Tengah sekitar 30 rumah, Ngambur 74 rumah, dan Ngaras 30 rumah yang masih terendam banjir.

“Banjir paling parah saat ini terjadi di Pekon Negeriratu Ngambur Kecamatan Ngambur dengan jumlah rumah yang terendam sekitar 74 rumah di Pemangku Sukanegeri dan Pemangku Banjarnegeri yang disebabkan meluapnya Sungai Wayhanakau, dengan tinggi air sekitar 1 Meter yang terjadi sekitar Pukul 03.40 WIB,” ungkap Syaifullah.

Tidak hanya itu, banjir di Pekon Negeriratu Ngambur tersebut juga melumpuhkan jalan penghubung dari Pemangku Banjar Cahayaneheri dan Pemangku Sukanegeri setinggi paha orang dewasa.

“Sedangkan untuk Kecamatan Pesisir Tengah dan Ngaras air yang masuk kerumah warga bertahap mulai surut,” paparnya.

Diterangkannya, pihaknya bekerjasama dengan unsur TNI-Polri, serta stakeholder terkait, terus berupaya melakukan penanganan terhadap masyarakat terdampak banjir. “Terkait dengan suplai logistik untuk korban banjir sudah disiapkan, meskipun jumlahnya bisa dipastikan masih kurang,” kata dia.

Masih kata Syaifullah, diperkirakan hujan dengan intensitas tinggi masih akan terus mengguyur wilayah Pesibar. Karenanya, pihaknya mengimbau seluruh elemen masyarakat yang rumahnya dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan wilayah tebing, untuk tidak ragu mengungsi jika hujan deras mengguyur dengan waktu yang lama. “Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk cepat melapor jika ada wilayah yang terkena musibah, agar penanganan bisa cepat dilakukan,” pungkasnya (Agung)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres Tuba Gelar Pencanangan Zona Integritas Menuju Bebas Korupsi

Jum Jan 10 , 2020
Headlinelampung, […]