views

2020 Penderita DBD Lambar Diprediksi Meningkat

Headlinelampung, Lampung Barat – Berdasarkan hitungan siklus lima tahunan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lampung Barat memprediksi penderita Demam Berdarah (DBD) tahun 2020 di Lambar akan meningkat.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ira Permata Sari kepada Headline Lampung mengatakan, di tahun 2019 lalu tercatat 95 kasus penderita DBD yang menyebabkan satu penderita meninggal dunia.

“2020 ini bertepatan dengan siklus lima tahunan, bila mengikuti siklus diprediksi penderita DBD akan meningkat, hari ini saja sudah tercatat 8 kasus yang telah kita terima,” ungkap Ira, Senin (13/012020).

Menurut Ira, kasus meninggalnya satu penderita DBD di tahun 2019 lalu tidak semata karena terjangkit DBD, tapi juga ada pemberatan lain yakni pneumonia atau infeksi saluran pernapasan.

“Kasus kematian karena DBD biasanya dikarenakan keterlambatan dalam menangani saja, atau juga karena ada komplikasi penyakit lainnya,” jelasnya

Terkait akan meningkatnya penderita DBD di tahun 2020 ini, Ira mengaku jika pihak Dinkes Lampung Barat sudah membuatkan surat edaran antisipasi DBD yang ditujukan untuk Puskesmas dan Kecamatan.

“Kita sudah membuatkan surat edaran yang akan kita tujukan Puskesmas dan Kecamatan, jumat ini akan kita distribusikan, isi surat tersebut merupakan pengarahan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk di lingkungan masing-masing, melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan juga menghimbau agar masyarakat segera melapor jika menemukan kasus DBD,” imbuhnya

“Kami berharap agar surat edaran tersebut diteruskan hingga ke tingkat pekon maupun ke sekolah-sekolah, seperti yang kita ketahui intensitas curah hujan saat ini cukup tinggi, jadi masyarakat harus selektif, kita juga menggalakkan gerakan satu rumah satu jumantik, karena memang segala sesuatunya berawal dari rumah,” pungkasnya. (Hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Lamtim Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2021

Sen Jan 13 , 2020
Headlinelampung, […]