views

Stunting Harus Jadi Prioritas

Headlinelampung, Lampung Barat – Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Barat, Selasa (21/01/2020).

Dalam sambutannya saat menanggapi beberapa program yang menjadi prioritas Pemkab setempat, Chusnunia atau yang akrab di panggil Nunik ini mengatakan pendapatnya tentang masalah Stunting.

Nunik menyampaikan, penanganan stunting harus diprioritaskan, karena berpengaruh pada KLA dan APE, untuk itu kita harus bekerjasama bagaimana meminimalisir kasus Stunting, karena sebagus apapun pembangunan jika tidak dibarengi dengan tumbuh kembang generasi penerus yang baik dan sehat maka akan percuma.

“Seperti apapun kita bekerja, kalau tumbuh kembang generasi penerus kurang baik karena kondisi kesehatannya buruk maka akan jadi percuma,” ujar Nunik.

Selain faktor kesehatan dan kelayakan gizi, menurut Nunik, faktor kebersihan juga mempengaruhi angka Stunting.

“Faktor kebersihan juga sangat penting untuk di utamakan, seperti membuat sanitasi sehat misalnya, dan saya yakin ini pasti bisa kita laksanakan,” jelasnya

Tidak lupa Nunik mengingatkan kepada masyarakat, untuk mendahulukan kebutuhan anak dibanding kebutuhan lainnya.

“Saya berharap untuk bapak-bapak jangan sampai lebih mementingkan beli rokok daripada kesehatan anaknya, miris kalau beli rokok bisa tapi anaknya kena Stunting,” imbuhnya

Diungkapkannya, jika kebutuhan rokok lebih besar daripada kebutuhan makan, akan berdampak pada penurunan kesehatan dan kenaikan akan angka kemiskinan.

“Terus terang pak Bupati, daerah Lampung Utara untuk kebutuhan rokok satu keluarga, lebih besar biayanya dibanding biaya makan di dalam keluarga, ini yang bikin drop angka kemiskinannya jadi tinggi, hingga angka kesehatannya jadi turun, tapi Lampung Barat insyaallah tidak seperti itu,” pungkasnya. (Hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Babinsa Koramil 426-02/Menggala Bersama Warga Bersihkan Selokan

Sel Jan 21 , 2020
Headlinelampung, […]