views

Keindahan Wisata Pantai Batu Suluh di Tanggamus

Headlinelampung, Tanggamus – Kabupaten Tanggamus memiliki deretan pantai yang luar biasa indahnya. Beberapa diantaranya sudah sangat terkenal se-antero Nusantara bahkan dunia. Namun masih ada salah satu destinasi wisata yang belum banyak dilirik wisatawan adalah Pantai Batu Suluh.

Pantai Batu Suluh adalah pantai yang memiliki batu karang merah beberapa meter dari pantainya. Selain itu pasirnya pun terlihat kemerahan. Apalagi kalau terkena sinar matahari di waktu-waktu tertentu.

Spot Batu Suluh ini sebenarnya sudah dikenal oleh para traveler di Lampung. Khususnya yang memiliki hobi fotografi. Selain memotret spot foto di pantai lain, biasanya fotografer-fotografer tersebut juga akan mampir di pantai ini.

Lokasi Pantai Batu Suluh

Lokasi pantai batu suluh ini terletak di Pekon (desa) Negeri Kelumbayan, Dusun Batu Suluh, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus.

Berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung. Dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan dengan kendaraan.

Rute

Dari Bandar Lampung kita mengarah ke Padang Cermin. Melewati Pantai Klara, belok kiri di Padang Cerimin ke arah Bawang Punduh Pidada.

Di Pertigaan Kiluan, kita lurus saja ke jalan yang menanjak ke arah Gigi Hiu Pegadungan. Ikuti saja jalan tersebut. Dari Pertigaan Kiluan tadi, Pantai Batu Suluh berjarak sekitar 6,8 kilometer.

Di beberapa titik, kita akan menjumpai jalan naik dan turun. Saat jalan masih berupa tanah, akan menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi yang senang berpetualang. Namun sekarang jalan sudah diperbaiki dan relatif bagus.

Sebelum ada pembangunan jalan, kita akan menyeberangi Way Balak, kali yang airnya jernih. Traveler sering mandi-mandi disitu. Namun sekarang sudah ada jembatan yang lebih memudahkan bagi yang melintas.

Pesona Batu Suluh

Kalau kawan-kawan bertanya apa yang menarik dari pantai ini? Saya akan mencoba memberi sedikit ulasan, mengapa pantai ini harus dikunjungi kalau liburan ke Lampung.

Karang Merah di Laut

Batu Suluh ini menawarkan panorama berbeda dengan pantai lain yang ada di Lampung. Mengapa berbeda?? Yappps jawabannya. Karena pantai ini memiliki keunikan tersendiri
Ada batu karang yang keberadaannya di laut tidak jauh dari pantai.

Pantai Batu Suluh terkenal juga dengan sebutan kelapa nunggal oleh masyarakat setempat. Karena terdapat pohon kelapa yang tumbuh di atas karang yang disebut diatas.

Maka, teman teman hari ini menyebutkan dengan kelapa nunggal. Juga ada yang menyebutnya Satu Kelapa.

Selain keunikan diatas, pantai ini memiliki suasana sunrise maupun sunset yang indah. Di saat sunrise maupun sunset, sinar matahari menjatuhkan sinarnya di deretan karang Batu Suluh.

Belum lagi warna-warni langit yang menjadi latar, bisa membuat suasana semakin romantis. Sayang sekali kalau tidak diabadikan melalui kamera.

Aktivitas apa saja yang bisa kita lakukan disini selain santai dan foto-foto?

Kita bisa trekking menaiki dan menuruni bukit kecil di ujung dusun Batu Suluh. Trekking-nya ringan tidak menguras terlalu banyak tenaga. Namun tetap harus berhati-hati. Karena agak curam saat menuruni bukit ke pantai di belakangnya.

Gung Wani adalah pantai kecil tersembunyi di dusun Batu Suluh. Butiran pasirnya besar dan berbatu karang.

Untuk menuju kemari, kita harus trekking selama kurang lebih 15-20 menit.

Lampung, khususnya Tanggamus dan Kelumbayan, memiliki banyak pantai yang indah. Sekali berkunjung, kita akan jatuh cinta dan akan rindu untuk datang kembali. Untuk traveling ke Pantai Batu Suluh ada baiknya juga menuju pantai lain. Jadi tidak hanya satu tujuan saja. Agar perjalananmu terasa semakin lengkap dan banyak mendapat pengalaman. Dan tentu saja foto-foto indah yang siap diunggah di akun instagrammu. Selamat traveling. (Genpi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kades Kedaton Dampingi Tim Monitoring Tingkat Kabupaten

Sel Jan 21 , 2020
Headlinelampung, […]