views

Program BPNT Lampura Disinyalir Menjadi Ajang Korupsi

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program pemerintah melalui kementerian sosial. Penyaluran bantuan pangan secara non tunai lewat BPNT mengacu pada 4 (empat) prinsip umum, Yaitu: 1. Mudah dijangkau dan digunakan oleh KPM.

  1. Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memanfaatkan bantuan, kapan dan berapa banyak bahan pangan yang dibutuhkan. Juga termasuk kebebasan memilih jenis dan kualitas bahan pangan berdasarkan preferensi yang telah ditetapkan dalam program ini.
    3.Mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani KPM.
    4.Memberikan akses jasa keuangan kepada usaha eceran rakyat dan KPM.

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari program BPNT, Yakni : 1.Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan. 2.Meningkatnya transaksi non tunai sesuai dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia.
3.Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). 4. Meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial. 5. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

Dikutip dari Newshanter.com Rifalsyah, SH.MM selaku sekretaris Dinsos Lampung Utara menerangkan, bahwa Program BPNT di Kabupaten Lampung Utara dilaksanakan mulai bulan juni tahun 2019 sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat. Akan tetapi belum memungkinkan untuk direalisasikan karna masih tahap sosialisasi, tapi tetap akan di rapelkan pendistribusian BPNT tersebut.

Di tempat lain, Exsadi, Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) kabupaten Lampung Utara menyatakan, hasil investigasi pengurus PGK saat turun kelapangan menjumpai para masyarakat penerima bantuan program BPNT di sejumlah wilayah kabupaten Lampung Utara,seperti hal nya di wilayah desa Sabuk Indah, kelurahan Tanjung Senang, kelurahan Tanjung Harapan, kelurahan Sindang Sari, dan lainnya. Banyak menemukan kejanggalan.

” Tahap pertama, sudah terealisasi bantuan 3 bulan yakni Juni – Agustus berupa beras kualitas premium dan telur setengah kilogram.Tetapi, pada pelaksanaannya beras yg di berikan adalah kualitas medium dan telur tidak sampai setengah kilogram. Lalu, penyaluran tahap kedua yakni bantuan untuk bulan September – Oktober beras yang di distribusikan bahkan kualitas Rastra,ini jelas ada penyimpangan dari prinsip dan acuan yang ditetapkan,” kata Exsadi, Selasa (28/01/2020).

Exsadi menegaskan, harusnya penyaluran BPNT tersebut memperhatikan prinsip dari program tersebut. Tetapi, pada kenyataannya justru sama sekali tidak menerapkan prinsip-prinsip yang seharusnya dilaksanakan, bagi Exsadi kalau prinsipnya saja tidak dilaksanakan bagaimana mungkin targetnya bisa dicapai.

“Salah satu prinsip program ini kan sudah jelas, Memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada keluarga penerima manfaat (KPM) dalam memanfaatkan bantuan, kapan dan berapa banyak bahan pangan yang dibutuhkan. Juga termasuk kebebasan memilih jenis dan kualitas bahan pangan berdasarkan preferensi yang telah ditetapkan dalam program ini,” ungkapnya.

Dalam hal ini, DPD PGK kabupaten Lampung Utara sebagai sosial kontrol berharap pihak terkait yakni Dinas Sosial Kabupaten Lampung Utara sebagai penyelenggara BPNT lebih memperhatikan hak masyarakat miskin dengan memberikan bantuan yg berkualitas kepada KPM.

“Saya pikir penting dilaksanakan audit karna penditribusian BPNT 2019 ditahap pertama dan kedua ini disinyalir adanya korupsi. Lalu, kepada instansi yang berwenang dalam hal ini adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kami harap segera turun kembali ke Lampung Utara untuk menyikapi adanya dugaan penyimpangan yang bernilai Milyaran rupiah dalam pendistribusian program BPNT 2019 ini. Hal ini, demi kabupaten Lampung Utara Bersih dan Bermartabat,” pungkasnya.(Ta.Rasul)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Camat Batanghari Nuban dan Staf Gotong Royong Bersama Polsek, Koramil di Cempaka Nuban

Sel Jan 28 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]