views

Tubaba Kembangkan TiQew untuk Masa Depan

HEADLINELAMPUNG, TUBABA – Kabupaten Tulangbawang Barat kini menggalakkan tanaman TiQew bahan baku serba guna khas kabupaten setempat.

Penanaman TiQew tersebut di launching Bupati Umar Ahmad saat menggelar Sharing Time : Megalitic Milenium Art bersama puluhan turis asing mancanegara yang hadir pada event bertaraf internasional tersebut.

Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengatakan, jauh sebelum mengenal peradaban modern. Masyarakat pribumi Kabupaten Tulangbawang Barat sudah mengenal tanaman tiQew tersebut.

Tanaman TiQew kata Umar, tumbuh subur di sejumlah tempat terutama di sekitar daerah yang berair atau didaerah yang berawa.

Tanaman TiQew kata dia, dapat diolah menjadi bahan kerajinan seperti, tikar, tas, topi, dan kerajinan lain yang bernilai ekonomis.

“Para pengrajinnya mayoritas para ibu-ibu dan wanita muda. Hingga kini masih ada warga masyarakat yang aktif mengelola usaha ini,” ujar Umar.

Umar mengatakan, kerajinan TiQew ini merupakan kerajinan warisan kebudayaan leluhur di kabupaten Tubaba.

“Tanaman TiQew ini sangat banyak manfaatnya, selain dapat dibuat anyaman tikar, TiQew itu juga bisa difungsikan sebagai sedotan. Menurut saya patut kita kembangkan dengan skala besar, dengan tujuan mampu dijadikan produk unggulan khas Tubaba, yang otomatis berdampak pada peningkatan ekonomi para pengrajin,” jelas Umar Ahmad, saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (30/01/2020).

Umar Ahmad mengajak seluruh lapisan masyarakat setempat, untuk menyatukan niat, bahu membahu, demi berkembangnya Bumi Ragem Sai Mangi Wawai secara berkelanjutan.

“Warisan leluhur jangan pernah kita lupakan, harus tetap kita lestarikan demi anak cucu kita dimasa mendatang, jika bukan kita siapa lagi,” ajaknya. (dra)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

DPRD Sumsel Kunker ke DPRD Lampung, Bahas Dana Hibah dan Sosper

Jum Jan 31 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]