views

Anggota DPRD Lampung Utara Sesalkan Lambannya Penanganan DBD Hingga Adanya Korban Meninggal Dunia

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Anggota Komisi IV DPRD kabupaten Lampung Utara Wansori Alam menyesalkan lambannya penanganan dari Dinas Kesehatan setempat, terhadap korban Demam Berdarah Dengue (DBD) hingga memakan korban jiwa.

“Harusnya Dinkes itu kan punya jadwalnya, apalagi ini bulanan musim Januari itu kan pancaroba dan harusnya setiap tahun harus bersiaga,” ujarnya, kepada wartawan, Senin (3/2/2020).

Jadi jangan seperti anak kecil yang selalu dititah dan memang sistemnya sudah tahu.

Apalagi musim hujan ini sangatlah rentan dengan musibah ini dan masing-masing harus cepat.

Jangan ada korban bergerak, maka harus ada terobosan gagasan dan inovasinya, terutama alat foging harus standby.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara Maya Metissa mengatakan, kalau pihaknya telah melakukan melakukan sosialisasi kesehatan kepada 27 puskesmas.

Diantaranya kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Nyamuk Demam Berdarah Dengue ini kata Maya, gejalanya dimulai sejak 7 hari dengan sasaran nyamuk menggigit kulit. Kemudian setelah ada gejalanya maka darahnya harus diperiksa.

“Kalau memang demam di hari ketiga tidak ada perubahan diharuskan segera periksa ke dokter,” tukasnya.

Maya berjanji, Dinas Kesehatan yang di pimpinnya akan secepatnya melakukan fogging untuk wilayah tersebut termasuk ditempat Aulia bersekolah.

Maya menerangkan, jika melihat data dari tahun lalu setiap tahunnya pada Januari banyak pasien DBD dan tahun lalu terdata ada sekitar 129 yang terjangkit DBD.

Sedangkan Januari tahun ini ada sekitar 54 orang yang terjangkit DBD.

Sedangkan kata dia, Dinkes setempat saat ini memiliki 8 unit alat fogging.

Dia juga menghimbau, dalam upaya mencegah DBD diharapkan peran serta aktif masyarakat. Masyarakat harus bisa membudidayakan pola hidup sehat, terutama di lingkungannya masing-masing.

Untuk diketahui, Aulia Rahma (10) meninggal dunia akibat terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Senin (3/2/2020).

warga Jalan Hamimi Fairal Mega Nomor 095 Kotabumi Udik, kecamatan Kotabumi Kota, Lampung Utara itu sempat mendapatkan perawatan di RSUD Abdoel Moeloek, Kota Bandar Lampung.

Aulia Rahma merupakan salah satu siswa kelas V yang bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Islamiyah Kotabumi, Lampung Utara. (Rasul)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kades Arogan Terancam Sanksi, Dendi Ramadhona Perintahkan Inspektorat Turun ke Desa Sukajaya

Sen Feb 3 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]