views

Ketika Ketua PWI Lampung Sayembarakan Pemberitaan HPN 2020

HEADLINELAMPUNG, KALIMANTAN SELATAN – Langit hari itu cerah. Suasana girang nampak terlihat di wajah para wartawan. Bangga dan puas dapat menghadiri dan merayakan secara langsung Hari Pers Nasional (HPN), Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Ada tiga maskapai penerbangan : Garuda Indonesia, Lion Air dan Batik Air. Diantara maskapai penerbangan yang menjadi tumpangan para jurnalis asal Lampung kala itu.

Rombongan wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (6/2/2020).

Rombongan yang di Ketuai Supriyadi Alpian Ketua PWI Lampung, tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjar Baru sekitar pukul.15.00 WITA.

Sebelumnya, rombongan sempat transit di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Cukup lama bagi rombongan, menunggu jadwal lanjutan keberangkatan pesawat menuju tempat pelaksanaan HPN 2020, Kalsel.

Rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Radin Intan II, Lampung, pagi hari, menumpang pesawat dengan jadwal penerbangan pertama, sekitar pukul. 06.00 WIB.

Ada 55 wartawan PWI Lampung yang berangkat bareng hari itu. Rencananya, hari ini Jumat (7/2/2020), ada 50 wartawan lagi yang akan bergabung bersama rombongan disana. Total ada sekitar 105 wartawan asal yang hadir di acara tersebut.

Tercatat dalam rombongan pertama, menginap di hotel yang telah disiapkan panitia sebelumnya. Untuk kontingen Lampung menginap di beberapa hotel, yakni, Swissbell hotel, Aston Banua hotel, dan Novotel hotel.

Kebetulan kontingen PWI Tulangbawang Barat menginap di hotel Novotel berada di sekitar Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjar Baru, Kalsel.

Sebelumnya, rombongan PWI Lampung disambut panitia HPN 2020. Ketua PWI Lampung Supriyadi Alpian, Ketua Ikatan keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bos koran Editor yang juga anggota DPRD Lampung Suprapto, mendapatkan kehormatan dikalungi kain Sasirangan. Kain khas masyarakat Banjar Baru dalam menyambut para tamu disana.

Sehari berada di Banjar Baru Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tepatnya, Jumat (7/2/2020), Ketua PWI Lampung Supriyadi Alpian di sela-sela sarapan pagi mendadak membuat sayembara. Sayembara penulisan berita seputar pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020. Hadiahnya uang belanja Rp 5 juta.

Ada tiga kategori pemberitaan yang disyaratkan bos Harian Momentum itu. Yakni, liputan investigasi dan features, pemberitaan berkualitas serta foto serba serbi seputar kegiatan HPN 2020.

Untuk liputan investigasi dan features sang juara akan menerima hadiah uang Rp 2 juta, pemberitaan berkualitas terkait kegiatan HPN Rp 1,5 juta, dan hasil jepretan foto serba-serbi kegiatan HPN sebesar Rp 1,5 juta.

Sayembara mulai berlaku Jumat (7/2/2020) dan berakhir pada Minggu (9/2/2020) pukul 24.00 WITA.

Ada tiga juri yang dipercaya untuk melakukan penilaian terhadap karya tulis para wartawan tersebut. Mereka yakni, Suprapto (bos koran Editor), Nizwar (bos Harian Lampung Newspaper) dan Wirahadikusumah (bos Harian Rilis ID). Ketiganya adalah pengurus cabang PWI Lampung.

“Lomba ini saya gelar karena keprihatinan saya melihat banyaknya wartawan yang saat ini malas membuat berita. Lomba ini sebagai penyemangat supaya wartawan asal Lampung produktif menulis dalam kegiatan HPN 2020,” ujarnya di sela-sela sarapan pagi bersama sejumlah wartawan, Jumat (7/2/2020).

Ketua PWI Lampung juga menerapkan syarat yang cukup ketat. Karya tulis yang berhak dinilai harus sudah dimuat di media, baik cetak maupun online. Tulisan atau foto juga harus merupakan karya orisinal peserta lomba dan bukan hasil rilis atau copas (copy paste) berita dari media lain.

“Lomba akan ditutup pada puncak HPN tanggal 9 Februari pukul 24.00 WITA nanti,” kata Bang Yadi, sapaan akrab Supriyadi Alpian.

Sementara itu, para peserta HPN menyambut baik lomba ini. Salah seorang peserta Munizar mengaku bakal ikut berpartisipasi dalam lomba ini. “Saya pasti ikut. Apalagi hadiahnya cukup besar. Lumayan untuk beli oleh-oleh,” kata wartawan media harian Momentum ini.

Munizar bahkan mengaku sudah menyiapkan sebuah rencana liputan features.

“Saya sudah ada rencana (liputan features. Pokoknya lihat saja nanti,” ucapnya optimistis. (dra)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bak Penampung Air Bersih di Lambar Jebol, Peratin Lupa Nilai Anggaran

Jum Feb 7 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]