views

Ayo, Ikut Lomba Menulis ‘Dukung Geopark Suoh’ Lampung Barat

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pwmkab) Lampung Barat (Lambar) dan berbagai elemen jejaring literasi setempat siap menghelat Lomba Menulis dengan tema ‘Dukung Geopark Suoh’.

Lomba menulis tersebut bergerak secara swadaya dan berlandaskan pada prinsip beguai jejama, sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Lambar yang kini tengah melakukan kajian terkait pengembangan Suoh menjadi kawasan Geopark Nasional.

“Hal ini merupakan lompatan sejarah yang harus dikawal secara bersama-sama, agar prosesnya berjalan cepat tanpa kendala apapun,” ujar Bupati Lambar, Parosil Mabsus, Senin (10/2/2020).

Dijelaskan, Geopark itu perasan dari tiga komitmen Pemkab Lambar terkait Literasi, Konservasi dan Tangguh Bencana.

“Melalui Geopark, Kita akan menulis ulang narasi besar sejarah yang hilang, mempelajari dan mengimplementasikannya dalam kebijakan publik yang berpihak pada lingkungan hidup, mitigasi bencana, partisipasi rakyat, berkepribadian secara budaya dan berkelanjutan. Mari hidup harmoni bersama bencana dan rimbunnya Taman Nasional Bukit Barisan Selatan,” imbau Parosil.

Ditambahkan, Geopark Suoh merupakan mesin waktu yang akan membawa kita melihat secara utuh kejadian masa lalu melalui riset multidisiplin ilmu, lalu menuliskannya dan mempelajarinya demi keberlangsungan hidup semua ekosistem yang berharmoni dan hidup berdampingan dengan bencana.

“Semoga kontribusi kecil dari kami ini berguna dalam mewujudkan cita-cita bersama, menjadikan Suoh sebagai kawasan Geopark yang merupakan wujud dari pelaksanaan tiga komitmen Pemkab Lambar terkait Kabupaten Literasi, Konservasi dan Tangguh Bencana,” harap bupati.

Kegiatan tersebut diperuntukan bagi warga negara Indonesia yang bersepakat dan mendukung Suoh menjadi kawasan Geopark Nasional.

Untuk mengirimkan tulisan terbaik dengan tema seputar Suoh tentang sejarahnya, budayanya dan lain-lain, harus disertakan foto dan lampiran surat dukungan terhadap ‘Geopark Suoh'” ke email forumliterasilampungbarat@gmail.com paling lambat 26 April 2020.

Adapun panjang tulisan yang harus dipersiapkan sejumlah 10.000 hingga 12.000 karakter.

Lomba ini terbuka untuk umum. siapapun bisa ikut dan berpartisipasi. Seluruh naskah yang masuk akan dinilai Penulis dan Budayawan asal Lampung Barat, Karzi, yang didaulat sebagai dewan juri.

Bagi yang terpilih sebagai pemenang Juara 1 hingga 3, panitia menyediakan tropi dan uang tunai dengan total sebesar Rp 6.000.000.

Untuk 25 tulisan terbaik, akan diterbitkan dalam buku ‘Jelajah Geopark Suoh’.

Informasi terkait lomba dan kerjasama acara dapat menghubungi panitia di nomor ponsel dan WA 08117222003 atau 081373517128. (hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cegah DBD, Kodim 0422-Dinkes Lambar Fogging Tahap Dua di Balik Bukit

Sen Feb 10 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]