views

BLHK Tanggamus Pastikan Rencana Pembangunan TPA di Kecamatan Pugung

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS – Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Tanggamus akhirnya memastikan rencana pembangunan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) di Kecamatan Pugung.

Menurut Sekretaris BLHK Tanggamus, Kemas, saat ini lokasi sudah dilakukan pembebasan lahan oleh Dinas PUPR Tanggamus. Selanjutnya tinggal tunggu penerbitan sertifikat terhadap tanah tersebut.

“Tanah sudah dibebaskan dengan Dinas PUPR, kami masih tunggu sertifikat keluarnya sertifikat tanah,” kata dia, Senin (10/02/2020).

Ia mengaku, sertifikat tersebut penting karena sebagai syarat administrasi jika pembangunan berlangsung. Sekaligus sebagai syarat untuk mengajukan permintaan bantuan jika diusulkan ke pusat.

“Sementara ini belum untuk pembangunannya, masih fokus pada pembebasan lahannya dulu. Pembangunan tahun depan rencananya diusulkan ke pusat,” terang Kemas.

Ia mengaku untuk dapatkan bantuan pembangunan dari pusat adalah serahkan sertifikat tanah dan detail engineering design (DED). Dan kini keduanya sedang diproses.

Sedangkan terkait persoalan lahan untuk jalan, saat ini masih diupayakan agar warga bersedia melepasnya. Dan masalah yang selama ini timbul hanya karena kesepakatan harga.

“Untuk akses jalan kami rasa warga nanti bersedia melepaskannya. Apalagi sekarang ini lokasi untuk tempat TPA sudah dibebaskan pasti itu ada efeknya,” terang Kemas.

Lokasi TPA di Kec. Pugung khususnya di Pekon Pungkut rencananya dibuat untuk fasilitasi pengolahan dan pengelolaan sampah untuk wilayah timur. Sebab jika sampah diangkut ke TPA Kalimiring, Kec. Kota Agung Barat jarak tempuhnya panjang.

Untuk TPA Pugung fasilitasi sampah wilayah Pugung sendiri, Talang Padang, Pulau Panggung, Bulok, Gisting, Gunung Alip, Ulu Belu dan Air Naningan. Luas lahan TPA 4,5 hektare. Dan nantinya menggunakan teknis santitary renville. (rudi/andi)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perbaikan Jalan di Lampung Timur, Pemkab-Kadis PUPR Koordinasi dengan Provinsi

Sen Feb 10 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]