views

Pemkab dan BPS Lampura Sosialisasi-Rakor Sensus Penduduk Satu Data Tahun 2020

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA – Pemkab Lampung Utara (Lampura) menggelar sosialisasi dan rapat koordinasi (Rakor) sensus penduduk Indonesia satu data tahun 2020 bersama BPS (Badan Pusat Statistik) Lampura, di Aula Siger Pemkab setempta, Senin (17/02/2020).

“Saat ini memasuki era moderenisasi atau revolusi industri yang peran tekhnologi telah berdampak besar bagi perkembangan ekonomi,” ujar Plt. Bupati Lampura, Budi Utomo.

Ia juga menjelaskan jika sensus penduduk Indonesia tahun ini melalui dua tahap, yaitu, sensus penduduk online mandiri yang telah dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

Kemudian, sensus penduduk wawancara langsung dengan mitra dan petugas BPS yang turun langsung ke tempat, melalui Kepala desa atau Lurah, RT, RW dan LK.

“Ya, kita berharap dari output sensus penduduk 2020 ini mendapatkan Indonesia satu data, agar mengusung kebijakan pemerintah dalam rangka baik itu untuk bantuan sosial, kesehatan dan sebagainya,” kata Budi.

Melalui sensus penduduk ini juga Budi yakin bahwa di 2045 mendatang Indonesia dapat menjadi negara yang maju.

Kepala BPS Lampura,  Anwar menjelaskan mengenai dampak telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yaitu jika masyarakat dapat mengetahui bila dirinya telah terdaftar dalam database kependudukan Indonesia.

“Nanti kalau sudah elektronik datanya, tidak harus pengesahan dengan cap lagi, tapi barcode,” paparnya.

Anwar juga menginginkan jika nantinya penduduk Lampura peduli dengan data kependuduka, agar pihaknya selalu up to date menegani kelahiran, kematian, dan imigrasi kependudukan.

“Selama ini data kependudukan sudah ter-cover, tetapi di tahun ini dikombinasikan, dengan langsung memanfaatkan registrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil setempat dan juga data hasil dari wawancara langsung dengan masyarakat,” terangnya. (rasul)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati, Kodim 0426 TB dan Polres Mesuji Tanda Tangani MoU

Sen Feb 17 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]