views

Tahun Ini, Dinas TPH Lambar Serahkan Bantuan 15 Unit Alsintan ke Poktan

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui bidang Prasarana dan Sarana Pertanian, akan menyerah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) ke beberapa kelompok tani (Poktan), tahun ini.

Kepala Seksi (Kasi) Pupuk Pestisida dan Alsintan, Falent Herindo, mendampingi Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian, Antoni Zakaria mengatakan, bantuan tersebut terdiri dari tiga jenis yakni Hand Traktor roda dua sebanyak tujuh unit, Light Hand Traktor lima unit dan Alat Perbengkelan atau alat Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) sebanyak tiga paket.

“Masing-masing kelompok tani yang telah mengajukan proposal dan telah disurvei Calon Petani Calon Lokasi (CPCL), dan sudah mencukupi persyaratan, akan diberikan satu unit,” ujarnya, Rabu (19/2/2020).

Dijelaskan, agar tepat sasaran pihaknya akan menyurvei dan menyeleksi kelompok tani maupun lokasi yang benar-benar strategis untuk mendapatkan alsintan tersebut.

“CPCL sudah kita lakukan sejak Januari 2020, karena kelompok tani yang mengajukan proposal sudah banyak. Pengadaan pada Mei hingga Juni. Sedangkan realisasinya kita lakukan Juli sampai Agustus,” terang Falent.

Menurutnya, jumlah alsintan tersebut sedikit dibandingkan banyaknya permintaan yang masuk. Sementara jumlah yang telah dianggarkan pemerintah hanya 15 unit dari tiga jenis tersebut.

“Menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Kita baru bisa memberikan 15 unit alsintan. Semoga tahun depan ada penambahan lagi, guna mendukung program pemerintah Kabupaten Lampung Barat yakni menjadikan Lampung Barat yang lebih hebat lagi,” harap Falent. (hendri)

Bagikan ke:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banjir Putus Akses Jalan Antarkabupaten, Pemprov Lampung Diminta Bangun Jembatan Bok

Rab Feb 19 , 2020
HEADLINELAMPUNG, […]