Misi Bangkit Terhalang Tembok Tebal

16

Headlinelampung.com – Menang. Itu syarat yang harus dipenuhi tim nasional (timnas) Indonesia jika ingin menjaga peluang lolos. Sebab, dalam dua laga yang sudah dijalani pada putaran kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, timnas belum mengemas satu poin pun.

Namun, misi untuk bangkit terhalang tembok tebal. Malam nanti Simon McMenemy harus menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Al Maktoum, Dubai. Jelas, itu bukan laga mudah. Bahkan bisa dikatakan mustahil. Apalagi, UEA yang ditangani mantan pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk mengincar satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022.

Dari peringkat FIFA saja, sudah terlihat bagaimana jomplangnya. UEA berada di peringkat ke-67, sedangkan Indonesia di peringkat ke-159. Dari sisi head-to-head, UEA juga unggul walau tipis.

Ya, keduanya hanya bertemu empat kali di level senior. Sejak kali pertama bertemu di Turnamen Mereda pada 1981, Indonesia hanya sekali menang. Sisanya adalah sekali seri dan dua kali dipermalukan.

BACA JUGA:  Parosil Saksikan Final Turnamen Futsal POP

Simon McMenemy menyadari kesulitan yang akan dihadapi anak asuhnya malam nanti. Dia paham bagaimana perkasanya UEA di sepak bola Asia saat ini. ”Tapi, kami percaya bisa improve untuk menerima tantangan ini dengan baik,” kata McMenemy.

McMenemy menyadari, semua penggawa timnas butuh kerja keras yang luar biasa malam nanti. Juga, semangat bertanding yang berlipat-lipat. ’’Kami akan lakukan yang terbaik yang kami punya. Serta mencoba positif dan memastikan punya senjata pemungkas untuk lawan UEA,’’ tegasnya.

Janji memberikan segalanya dibenarkan Hansamu Yama. Bagi bek Persebaya Surabaya itu, rekan-rekannya akan nothing to lose malam nanti. ’’UEA juga tidak mungkin tidak bisa dikalahkan. Kami sudah beberapa hari melakukan persiapan di sini, mencoba beradaptasi dengan segalanya di sini. Semoga kami bisa mendapatkan poin,’’ harapnya.

UEA pun telah melakukan persiapan matang. Belajar dari pengalaman melawan Malaysia, faktor mental jadi salah satu fokus utama UEA. Sebab, faktor mental jugalah yang membuat mereka tertinggal lebih dulu ketika melawan Malaysia meski bisa come back dan mencetak dua gol.

BACA JUGA:  Badak Lampung 'Seruduk' Panser Cimahi 2-0

Selain itu, Van Marwijk enggan meremehkan Indonesia. Pelatih yang sukses mengantarkan Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010 tersebut menganggap Indonesia bisa memberikan kejutan. Van Marjiwk menilai, penyebab dua kekalahan yang diderita Indonesia bukan kualitas tim. ’’Faktor keberuntungan saja yang kurang. Lihat ketika melawan Malaysia unggul lebih dulu walau akhirnya kalah, ketika melawan Thailand juga menguasai pertandingan,’’ paparnya.

Pelatih berusia 67 tahun itu menegaskan, salah satu kekuatan Indonesia terletak pada skill individu pemain yang di atas rata-rata. Bahkan, walau tak kenal satu per satu, dia menyebut Indonesia punya beberapa pemain yang spesial. ’’Hasil dari pertandingan besok (hari ini) tidak bisa diprediksi. Jadi, kami tetap akan berjuang sekuat tenaga dan tidak meremehkan lawan,’’ katanya.(jp)