Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Pesibar Gelar Rapat Sanitasi Mandiri Masyarakat

44

PESISIR BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar Rapat Sanitasi Mandiri Masyarakat dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pesisir Barat yang bertempat di ruang Media Center Diskominfo Lantai 1, Selasa (20/12/2022)

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Septi Istiqlal sekaligus selaku Wakil Ketua Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting didampingi Wakil Ketua Pelaksana, Plt. Sekda Pesisir Barat Jalaludin.

Septi Istiqlal dalam arahannya menyampaikan perlu konsentrasi tentang prilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan kita.

Penurunan stunting butuh komunikasi dan kerjasama antara pihak terkait dan Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat, stunting menjadi isu Nasional, maka dari itu kita semua harus bergerak bersama dalam rangka penurunan stunting, kemudian kita perlu duduk bersama untuk membahas isu tentang lingkungan hidup agar kasus sunting ini cepat terselesaikan.

Wakil Ketua Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat juga menekankan kepada para Camat agar selalu mengecek dilapangan jika ada keluarga ataupun kerabat yang mengalami stunting untuk segera di proritaskan, mulai dari mengecek kesehatan, tempat tinggal sampai dengan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:  Ratusan Guru di Lampung Selatan Terima SK P3K

terkait Sampah dilingkungan kita, sangat penting untuk dibersihkan karena menyangkut kesehatan dan kebersihan lingkungan sekaligus menganggu pemandangan di sekitar kita.

Untuk kedepannya kita kembangkan prilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan kita, agar masyarakat bebas dari kasus stunting serta mengharumkan nama Kabupaten Pesisir Barat.

kita harus memulai sesuatu dari kerja keras sampai dengan mencapai hasil yang diharapkan, semoga Kabupaten Pesisir Barat menjadi Peringkat Ke-10 dalam penurunan stunting atau ziro, serta Kabupaten Pesisir Barat bebas dari Kasus stunting.

Kemudian dilanjutkan dengan arahan Wakil Ketua Pelaksana Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat Plt. Sekda Ir. Jalaludin, MP menegaskan tentang pentingnya penurunan stunting di Kabupaten Pesisir Barat.

sehubungan dengan perkembangan zaman masyarakat sangat membutuhkan dengan sanitasi air bersih dan lingkungan yang sehat dan lain-lain.

Sanitasi air mengalir tanggung jawab kita semua di seluruh Kecamatan, prilaku hidup bersih dan sehat merupakan contoh kita kepada masyarakat yang masih tergolong rendah dalam membiasakan menjaga kebersihan lingkungan hidup.

BACA JUGA:  Samsat Liwa Salurkan Bantuan Beras ke Masyarakat Kurang Mampu

Terkait posyandu di Desa ataupun di Pekon agar bisa menggalakan lagi tentang pentingnya posyandu, untuk itu hari ini kita berkumpul untuk membahas terkait penurunan stunting di Kabupaten Pesisir Barat. itu semua bisa digapai kalau kita saling berkomunikasi, menggerakan dan bekerjasama.

Banyak hal yang tidak kita sadari masih banyak anak-anak kita tidak sehat, yang masih butuh asupan gizi dan kurangnya pengetahuan.

Stunting tidak bisa diselasaikan oleh Dinas PPPA dan Dinas Kesehatan saja, melainkan kebersamaan kita semua, hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam lingkungan kita mulai dari makanan sampai dengan tempat tinggal.

Diakhir arahannya Wakil Ketua Pelaksana Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat mengajak kita semua untuk mendukung Wakil Ketua Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal untuk menyampaikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dalam penurunan stunting.(*/BW)