Belajar soal Pengelolaan Sampah, Mahassiwa Asing Program Magang IIB Darmajaya, Berkunjung ke Kota Metro

68

METRO-Sejumlah mahasiswa asing, berasal dari Tiongkok, Filipina, Mesir, Pakistan dan Indonesia, yang sedang magang di Institut Informatika dan Bisnia (IIB) Dharmajaya Bandarlampung, melakukan kunjungan ke Kota Metro, guna bertukar cerita dan pengalaman tentang pengelolaan lingkungan, khususnya sampah.

Para mahasiswa tersebut, secara khusus berkunjung ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro, guna mengetahui lebih jauh, pelibatan masyarakat dan kolaborasi berbagai pihak dalam multihelix untuk pengelolaan sampah, dan pengurangan sampah sedekat mungkin dan sejak dari sumbernya, termasuk di sekolah.

BACA JUGA:  Satu Rumah Warga di Gedongtataan Pesawaran Dilalap Si Jago Merah

Sekretaris DLH Kota Metro, Yerri Noer Kartiko mengatakan, para mahasiswa asing peserta magang pada IIB Darmajaya cukup tertarik dengan berbagai upaya pengelolaan sampah seperti pembentukan bank sampah untuk mengurangi volume sampah pada TPAS Karangrejo, sekaligus sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. “Program ini sebagai bentuk kolaborasi berbagai pihak dalam pengelolaan sampah. Dan, para mahasiswa asing cukup tertarik dengan program-program pengelolaan sampah di Kota Metro,” kata Yerri Noer Kartiko, Selasa (24/10/2023).

BACA JUGA:  Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tubaba Ikuti Pelatihan Tracer Covid-19

Selain kunjungan ke beberapa titik pengelolaan sampah, para mahasiswa asing tersebut, juga berkesempatan berkunjung ke SMP Negeri 4 Metro, yang merupakan sekolah peraih prestasi UKS dan Adiwiyata tingkat nasional. Para mahasiswa menyaksikan, upaya sekolah tersebut, memanfaatkan sampah menjadi hasil kerajinan yang cukup kreatif. (HL-dwi)